Rabu, 19 Januari 2022

Ketidakjelasan Kepengurusan Jadi Penyebab Faji Merangin Tak Bisa Ikut Porprov

Rabu, 17 Oktober 2018 | 11:00:18 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

BANGKO - Kabupaten Merangin gagal mengikutsertakan empat cabang olahraga pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) tahun 2018. Keempat cabor tersebut dicekal sehingga gagal ikut serta bertanding di Porprov 2018.

Empat Cabor tersebut adalah arum jeram, muathay, gulat, dan tenis lapangan. Dari empat Cabor itu, sebenarnya cabor arum jeram yang dibawah naungan Federasi Arum Jeram Indonesia (Faji) berpotensi untuk menang, sebab di Merangin punya tempat latihan yang mumpuni.

Informasi yang didapat, tidak ikutnya arum jeram Merangin dikarenakan tidak adanya kepengurusan yang jelas dari Faji Merangin. Atas masalah ini, KONI Provinsi Jambi dikabarkan telah menyurati Faji Merangin untuk membentuk kepengurusan, namun hingga batas waktu yang ditentukan, Faji Merangin tidak mengirimkan nama-nama kepengurusan.

Ketua KONI Kabupaten Merangin, Selamet, sangat menyayangkan tindakan yang dilakukan oleh ketua Faji sebelumnya, yaitu Dedi Dirmanstias yang merupakan Kadisbudparpora Kabupaten Merangin. Menurut dia, harusnya jika ada surat cepat tindaklanjuti.

“Kalau tidak bisa koordinasi dengan KONI," kata Selamet, Selasa (16/10).
 
Ketika dikonfirmasi kepada Dedi Dirmanstias, dirinya membantah jika dirinya sebagai ketua Faji Kabupaten Merangin. Katanya, Faji Kabupaten Merangin sudah tidak memiliki kepengurusan sejak 2013 lalu.

"Saya tidak ada SK ketua Faji. Jadi saya tidak merasa sebagai ketua Faji," kata Dedi.

Disebutkan Dedi, dirinya sebagai Kadisbudparpora Kabupaten Merangin sebelumnya telah menyurati beberapa Kelompok Pencinta Alam (KPA) Kabupaten Merangin untuk membentuk kepengurusan Faji, namun hingga saat ini belum juga terbentuk.

"Saya tidak tau apa alasannya, yang jelas selaku Kepala dinas, saya menyayangkan sekali tidak ada perwakilan Arum jeram ikut Porprov, padahal di Merangin sangat berpotensi," imbuhnya.


Penulis: Andi Kurniawan
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments