Rabu, 25 November 2020

Komisi III Tunggu Laporan Warga Korban Banjir

Junedi : Kami Siap Fasilitasi Warga

Selasa, 13 November 2018 | 10:37:37 WIB


Ketua Komisi III DPRD Kota Jambi, Junedi Singarimbun
Ketua Komisi III DPRD Kota Jambi, Junedi Singarimbun / Istimewa

JAMBI- Hujan dengan intensitas tinggi kerap mengguyur Kota Jambi dalam beberapa pekan belakangan ini. Kondisi ini menyebabkan banjir akibat buruknya drainase di sejumlah sudut Kota Jambi.

Bukan itu saja, banjir juga dituding disebabkan oleh pembangunan salah satu pusat perbelanjaan di Kota Jambi. Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi III DPRD Kota Jambi, Junedi Singarimbun mengatakan pihaknya sudah mendengar adanya banjir yang diduga akibat pembangunan Trans Smart di kawasan Thehok.

Namun kata dia, hingga saat ini belum ada laporan dari warga yang menjadi korban ke pihaknya. ”Ya saya lihat di youtube videonya. Tapi warga dan RT tak ada yang melapor, kalau ada yang melapor kita siap membantu,” katanya.Selain itu dia juga mengatakan kepada pihak-pihak yang mengeluarkan izin terutama Amdal hendaknya jangan hanya sekedar mengeluarkan izin.

Namun harus juga melakukan pengawasan terhadap izin yang dikeluarkan, sehingga benar-benar sesuai antara izin dan realisasi dilapangan.
“Jangan sampai izin hanya sebagai legalitas dari kegiatan, namun kenyataan dilapangan kegiatan mengangkangi perizinan,” tukasnya.

Disebutkannya kalau benar banjir disebabkan oleh pembangunan Transmart tentu ada kesalahan dalam perizinan yang sudah dikeluarkan.
“Bisa hasil kajian yang salah, atau bisa juga ada pelanggaran terhadap izin yang sudah dikeluarkan,” sebutnya.

Untuk itu diharapkannya kepada warga yang menjadi korban untuk membuat laporan sehingga bisa ditindaklanjuti. Dengan kondisi musim hujan dengan intensitas tinggi saat ini yang menyebabkan banyak daerah kebanjiran, dia meminta pihak terkait dalam hal ini Dinas PUPR untuk bisa melakukan pemetaan terkait banjir.

Dimana dalam kondisi saat ini bisa dilakukan perencanaan untuk mengatasi banjir ke depannya. “Saat ini bisa dilihat dimana lokasi banjir dan penyebabnya. Kalau drainase yang kekecilan harus dibesarkan, atau adanya sumbatan drainase bisa dibersihkan,” pungkasnya. 


Penulis: Amril Hidayat
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments