Sabtu, 14 Desember 2019

2 Atlet Andalannya Dilarang Bertanding, PRSI Kota Jambi Tetap Optimis Juara Umum


Selasa, 20 November 2018 | 07:29:24 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

JAMBI - Panitia cabang renang Porprov Jambi XXII/2018 memutuskan melarang dua atlet Kota Jambi untuk ikut bertanding. Keduanya adalah Rian Rinaldo dan Yusuf Budiman.

Rian dan Yusuf seyogyanya merupakan atlet polo air yang diturunkan untuk mengikuti cabang renang. Namun karena berstatus atlet nasional, keduanya dilarang untuk tampil di Porprov XXII/2018.

Ketua Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Provinsi Jambi Salman Alfarisi mengatakan dilarangnya kedua atlet Kota Jambi tersebut untuk bertanding telah diputuskan dalam technical meeting (TM).

Salman tidak menapik jika alasan dilarangnya Rian dan Yusuf untuk bertanding karena status mereka yang merupakan atlet nasional. Meski keduanya sebenarnya merupakan atlet polo air.

"Kita ingin mencari bibit-bibit baru untuk pra PON maupun PON. Logikanya, yang sudah ikut Asian Games tentu levelnya sudah tinggi. Kalau ikut (Porprov, red) juga, atlet yang lain mentalnya bisa drop," kata Salman, Senin (19/11).

"Meski keduanya merupakan atlet polo air yang diikutkan di cabang renang, tetap kita anggap sama (atlet nasional, red). Saat TM sudah kita putuskan bersama," ujarnya menambahkan.

Terpisah, Ketua PRSI Kota Jambi Darmanto Zebua saat dikonfirmasi mengakui jika Rian dan Yusuf merupakan atlet Pelatnas polo air yang saat ini tengah dipersiapkan mengikuti SEA Games.

Dikatakan Darmanto, dilarangnya Rian dan Yusuf untuk ikut bertanding sangat merugikan Kota Jambi. Apalagi pelarangan tersebut terkesan tiba-tiba.

"Mereka ini atlet Pelatnas polo air, bukan renang. Tiba-tiba ada keputusan Pengprov PRSI seperti itu, dilarang tampil. Ini jelas merugikan," kata Darmanto.

Meski merasa dirugikan, Darmanto mengatakan pihaknya tidak akan menarik diri dari keikutsertaan pada Porprov XXII. Darmanto menagaskan keyakinannya jika atlet lainnya tetap bisa meraih medali.

Namun demikian, Darmanto mengatakan dilarangnya Rian dan Yusuf untuk bertanding membuat PRSI Kota Jambi menurunkan target medali emas pada Porprov kali ini. Disebutkan Darmanto, dengan tidak akan tampilnya Rian dan Yusuf membuat pihaknya menurunkan target menjadi 7 medali emas.

"Rian waktu Porprov 2015 di Batanghari berhasil mendapat 6 medali emas. Yusuf juga kita prediksi bisa dapat. Namun dengan keduanya tidak bisa tampil, kita terpaksa menurunkan target jadi 7. Kalau di Porprov Batanghari lalu kota dapat 12 emas dan juara umum," beber Darmanto.

Lantas apakah dengan tidak tampilnya Rian dan Yusuf PRSI Kota Jambi tetap mematok target juara umum? Darmanto tetap optimis Kota Jambi bisa juara umum di cabang renang.

"Insya Allah. Kita yakin bisa dapat lebih dari (7 medali, red) itu," pungkasnya.


Penulis: Ikbal Ferdiyal
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments