Jumat, 25 September 2020

Pemkab Merangin Gelar Sayembara Desain Lambang Daerah


Senin, 03 Desember 2018 | 11:21:27 WIB


Bupati Merangin Al Haris saat menandatangani naskah sayembara desain lambang Kabupaten Merangin
Bupati Merangin Al Haris saat menandatangani naskah sayembara desain lambang Kabupaten Merangin / metrojambi.com

BANGKO - Bupati Merangin Al Haris, Senin (3/12), secara resmi membuka sayembara lambang daerah Kabupaten Merangin. Sayembara tersebut terbuka untuk umum. Pesertanya adalah perorangan, dan harus berdomisili di wilayah Provinsi Jambi.

“Lambang daerah sekarang yang kita pakai ini adalah lambang Kabupaten Sarko (Sarolangun-Bangko). Lambang itu sudah tidak sesuai dengan kondisi Merangin saat ini. Makanya kita berupaya mengganti agar semuanya sesuai dengan kenyataan,” ujar Haris.

Desain lambang daerah yang akan diikutkan peserta yang punya KTP, kartu pelajar atau kartu mahasiswa, harus mencerminkan idiologi bangsa, kebudayaan, adat istiadat daerah Kabupaten Merangin.

Karya itu juga harus mampu memberikan motivasi dan semangat kepada seluruh masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Merangin, dalam memberdayakan masyarakat serta bersloko Tali Undang Tambang Teliti.

Tidak hanya itu jelas bupati, karya grafis itu juga harus mencerminkan semangat otonomi daerah dengan memperhatikan aspek demokrasi, keadilan, perbedaan, demokrasi dan kesatuan.

“Konsep dasar designnya harus mencerminkan ciri khas budaya, adat, agama, kekayaan alam serta historis Kabupaten Merangin dan memiliki arti filosofis pada gambar dan warna,” kata Haris.

Peserta harus menjelaskan arti, simbol, warna, pada design lambang daerah yang diikutkan. Penyajian lambang daerah yang diserahkan harus berwarna dalam bentuk hardcopy dan shofcopy.

Untuk satu orang peserta hanya boleh menyampaikan satu karya design lambang daerah. Tempat pendaftaran di Sekretariat Sayembara Lambang Daerah Pemkab Merangin di Bagian Pemerintahan Setda Merangin setiap hari kerja.

Karya grafis lambang daerah Kabupaten Merangin yang dibuat, juga bisa dikirim melalui email [email protected] sebelum ditutup pada 18 Desember 2018. Tidak tanggung-tanggung, sayembara akbar ini akan merebutkan totol hadiah bernilai Rp 18 juta. Pemenang yang berhak menerima hadiah untuk juara pertama, kedua, dan ketiga.


Penulis: Andi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments