Jumat, 18 Oktober 2019

SKK Migas dan PetroChina Jabung Beri Edukasi Hulu Migas di SMAN 1 Betara


Kamis, 20 September 2018 | 10:27:40 WIB


/

KUALA TUNGKAL - SKK Migas Sumbagsel bersama PetroChina International Jabung Ltd menggelar kuliah umum di SMA 1 Betara, Rabu (19/8) tentang industri hulu migas.

Edukasi publik ini, disampaikan kepada generasi muda di Indonesia, khususnya Tanjung Jabung Barat. Kegiatan serupa juga akan dilaksanakan di SMA Negeri 5 Geragai pada Kamis (20/09).

Humas SKK Migas Perwakilan Sumbagsel Ahmad Rifai menyebutkan, kegiatan ini merupakan program tahunan SKK Migas. ‘’Tahun ini, dilaksanakan bersama anak sekolah menengah atas. Di sebagian besar wilayah Sumbagsel, kegiatan serupa telah terlaksana,’’ ujarnya, Rabu (19/09).

"Kita berharap melalui edukasi hulu migas ini, akan memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada dunia pendidikan, bahwasa SKK Migas dan PetroChina peduli dengan pendidikan," kata Ahmad Rifa i.

Selain itu, edukasi ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat terkait pengenalan industri hulu migas. Sebab selama ini, hanya dapat dilihat dari kejauhan, oleh karena itu SKK Migas bersama PetroChina langsung turun ke lapangan.

Disebutkannya, poin yang disampaikan dalam materi tersebut, diantaranya mengenai kegiatan industri hulu migas, memberikan informasi kegiatan SKK Migas yang berkenaan PetroChina, serta penyampaian efek domino yang positif.

Community Development (Comdev) PetroChina International Jabung Ltd, Yulian, saat pembukaan mengatakan, kuliah umum ini untuk memberikan pengenalan, pengetahuan, dan wawasan kepada peserta, mengenai kegiatan hulu migas.

Usai pemaparan tentang hulu migas, digelar sesi tanya jawab. Para peserta kuliah umum ini, tampak antusias menyampaikan pertanyaan. Selanjutnya pemberian doorprize kepada peserta yang dapat menjawab pertanyaan yang diberikan.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA 1 Betara, Nur Ainun sangat mengapresiasi kehadiran SKK Migas dan PetroChina dalam memberikan pengetahuan kepada anak didiknya.

"Paling tidak, melalui kegiatan ini bisa memberikan pengetahuan tentang industri minyak bumi dan gas kepada siswa kita," jelasnya.
Nur Ainun berharap, kegiatan yang penuh manfaat tersebut dapat dilakukan secara kontinu. Sebab setiap tahun terjadi pergantian siswa.

Sebab, dengan adanya kegiatan ini bisa memberikan pemahaman kepada peserta terkait kerja migas dan kontribusinya kepada daerah dan masyarakat.

Kehadiran PetroChina International Jabung Ltd memberikan kontribusi yang besar terhadap Provinsi Jambi. Diantaranya penyerapan tenaga kerja lokal, pajak dan retribusi, pembangunan infrastruktur, penyumbang DBH Migas bagi pemerintah pusat dan daerah.

Selain itu, kehadiran PetroChina International Jabung Ltd juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat lokal.  Pada sesi tanya jawab, salah satu siswa SMA 1 Betara, Katon, menanyakan apakah ada efek samping dari kegiatan tersebut?

Menjawab pertanyaan itu, Ahmad Rifa’i menyebutkan tidak ada. Sebab metode yang digunakan yaitu clean and clear. Selain itu, setelah 25 tahun pengerjaan akan dikembalikan kepada bentuk semula.


Penulis: Muammar Solihin
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments