Selasa, 11 Desember 2018

Pengangkatan Fachrori Sebagai Gubernur Definitif Belum Diproses


Jumat, 07 Desember 2018 | 09:51:13 WIB


Fachrori Umar
Fachrori Umar / dok.metrojambi.com

JAMBI - Kepala Biro Pemerintahan Sekretariat Daerah Provinsi Jambi Rahmat Hidayat menyatakan, meskipun perkara Gubernur Jambi non aktif Zumi Zola sudah putus di tingkat pengadilan, namun untuk pengangkatan Fachrori Umar sebagai gubernur definitif masih belum diproses.

Dikatakan Rahmat, belum ada surat lelantikan Pelaksana tugas (Plt) Gubernur menjadi gubernur definitif dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). "Sampai hari ini belum ada," ujarnya, Kamis (6/12).

Terkait prosedur pengisian jabatan gubernur definitif, jelasnya, yakni dimulai dari pihak Kemendagri melalui Ditjend OTDA yang akan memproses SK gubernur definitif ke Presiden melalui Setneg untuk diterbitkan Kepres pengangkatan gubernur definitif tersebut.

"Sedangkan pengisian jabatan wakil Gubernur tergantung kebutuhan dan partai pendukung yang mengusulkan. Karena sesuai aturan bahwa dua nama bisa diusulkan ke DPRD Provinsi melalui gubernur dan selanjutnya untuk dilakukan pemilihan di DPRD sesuai mekanisme tata tertib DPRD Provinsi," jelasnya.

Terpisah, Kapuspen Kementerian Dalam Negeri Bachtiar saat dikonfirmasi via ponselnya mengatakan, salinan putusan Zumi Zola belum diterima Kemendagri.

Nantinya setelah putusan Inkrach, nomor register dari pengadilan jadi dasar untuk pengajuan pemberhentian kepada presiden untuk diterbitkan Keputusan Presiden tentang pemberhentian Zumi Zola.

Selanjutnya Plt Gubernur akan diangkat menjadi gubernur definitif. Biasanya proses ini memakan waktu 14 hari. "Kita tunggu saja proses hukum," ujarnya.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments