Minggu, 25 Juli 2021

Presiden Jokowi Serahkan SK Pengelolaan 91 Ribu Hektare Hutan Sosial untuk Petani Jambi

Minggu, 16 Desember 2018 | 11:24:12 WIB


Presiden Joko Widodo saat menyerahkan SK Menteri LHK untuk pengelolaan Hutan Sosial kepada petani di Jambi
Presiden Joko Widodo saat menyerahkan SK Menteri LHK untuk pengelolaan Hutan Sosial kepada petani di Jambi / metrojambi.com

JAMBI - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) hari ini, Minggu (16/12), menyerahkan Surat Keputusan (SK) Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) untuk pengelolaan lebih dari 91 ribu hektare Hutan Sosial di Provinsi Jambi.

SK Menteri LHK tersebut diserahkan Presiden Jokowi kepada perwakilan petani se Provinsi Jambi. Acara berlangsung di Hutan Kota, Kota Jambi.

Dikatakan Jokowi, 91 ribu hektare tersebut diperuntukkan bagi lebih kurang 8.100 kepala keluarga (KK) di Jambi. Dengan SK tersebut, Jokowi mengatakan petani penerima dapat mengelola Hutan Sosial tersebut selama 35 tahun.

"Ini jangan dipikir kecil. Ini gede. Cukup nggak," tanya Jokowi kepada petani yang hadir. "Cukup," jawab petani serentak.

Diterangkan Jokowi, penyerahan SK pengelolaan Hutan Sosial tersebut bertujuan agar rakyat memiliki lahan untuk berproduksi. "Dulu konsensi (lahan, red) diberikan kepada yang gede (perusahaan, red). Sekarang saya berikan kepada yang kecil (rakyat, red)," sebut Jokowi.

Lebih lanjut Jokowi mengatakan, pada lahan tersebut petani dipersilakan menamam apa saja. Seperti kopi, kepayang, kulit manis, dan lain sebagainya.

Jokowi juga mengingatkan agar lahan yang diberikan dapat dikelola dengan baik. "Jangan ditelantarkan. Jika tidak digarap (SK, red) saya cabut," pungkasnya.


Penulis: Ikbal Ferdiyal
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments