Minggu, 5 Juli 2020

Bayar Pajak Kendaraan Kini Cukup Lewat ATM


Selasa, 18 Desember 2018 | 11:02:04 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa



Usai membayar dan mendapatkan bukti pembayaran dari mesin ATM, wajib pajak bisa langsung melakukan pengesahan pembayaran pajak kendaraan bermotor.

"Wajib pajak tinggal menyerahkan bukti pembayaran dari ATM ke kantor Samsat untuk pencetakan tanda lunas pembayaran serta pengesahan STNK (surat tanda nomor kendaraan) tahunan," jelasnya.

Menurutnya, penerapan e-Samsat ini, telah diberlakukan di Jambi sejak November 2017 lalu. Hanya saja, kata Mahrup, kendala saat ini yang dapat melakukan pembayaran e-Samsat hanya para wajib pajak yang memiliki ATM Bank Jambi saja.

"Jika tidak memiliki ATM Bank Jambi maka tidak dapat membayar melalui e-Samsat. Dalam setahun berjalan, terdata sebanyak 100 orang melakukan pembayaran pajak melalui e-Samsat. Memang baru sedikit karena ini termasuk tahap uji coba," terangnya.

Layanan e-Samsat ini sekaligus merupakan upaya Pemprov Jambi untuk mengoptimalkan pendapatan daerah. Selain sebagai cara memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap layanan publik yang mudah, cepat dan aman.

"Juga untuk menghindari indikasi tindakan pungli yang kerap terjadi," ungkap Mahrup.

Selain itu, diketahui sebelumnya, bahwa tahun 2018 ini pajak kendaraan bermotor Provinsi Jambi telah melebihi target capaian, yaitu sebanyak Rp 616 miliar. Jumlah ini melebihi target yang diinginkan sesuai perubahan APBD sekitar Rp 583 miliar.

Dijelaskan Mahrup, diprediksi pada tahun 2019, pendapatan dari sektor pajak kendaraan ini, berpotensi ada kenaikan 10 hingga 20 persen.

Terkait hal tersebut, Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Provinsi Jambi, Agus Pirngadi saat dikonfirmasi mengakui ada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) senilai Rp 30 miliar.

"Iya, akan ada peningkatan untuk di pajak air permukaan dan pajak bahan bakar kendaraan bermotor berdasarkan perhitungan pajaknya. Mengenai besaran persennya belum, baru mau dilakukan kajian dengan membandingkan dari daerah lain," pungkasnya.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments