Rabu, 21 Agustus 2019

PetroChina Gelar Pelatihan Pengoperasian Mesin Press


Jumat, 07 Desember 2018 | 09:27:08 WIB


/ Kolase metrojambi.com

MUARASABAK - PT PetroChina Jabung International Ltd, mengadakan pelatihan pengoperasian alat mesin press pada usaha rintisan industri kecil pengelolaan limbah pelepah pinang di aula Balai Latihan Kerja (BLK), Desa Kota Baru, Kecamatan Geragai, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) Kamis (6/12) kemarin. Dimana kegiatan lewat program CSR, yang akan berlangsung selama tiga hari.

Act Field Manager PetroChina Jabung International Ltd Chandra Jaya mengatakan dalam hal ini, SKK Migas bersama PT PetroChina Jabung International ltd berharap dengan bantuan alat press pelepah pinang ini bermanfaat bagi masyarakat Tanjabtim. Selain itu bisa menambah pendapatan masyarakat.

“Kegiatan ini guna memberdayakan usaha mikro dan kecil ,” paparnya.

Dengan pelatihan ini juga, lanjutnya, pihaknya berharap para peserta yang mengikuti pelatihan, nantinya dapat menularkan ilmu yang didapatnya kepada masyarakat lainnya yang belum berkesempatan mengikuti pelatihan ini.

“Ada empat alat mesin press pelepah pinang yang kita serahkan kepada pemerintah daerah. Dan mudah-mudahan semuanya bermanfaat bagi masyarakat di Tanjabtim,” tuturnya.

“Dimana inisiatif ini dilirik PetroChina, menurutnya dikarenakan selama ini melihat Wilayah mayoritas masyarakatnya berkebun pohon pinang hinga banyak sekali, dan pelepahnya selama ini terbuang jadi sampah dan tidak bernilai sama sekali. Saya yakin yang terbuang itu akan mempunyai nilai ekonomis yang sanggat tinggi buat masyarakat,” terangnya.

Adapun sistem kerja mesin press itu sangat sederhana sekali. Soalnya hanya dengan mengunakan daya listrik sekitar 1.000 watt, untuk menghasilkan panas. Sehinga alat itu dapat dengan mudah membentuk pelepah pinang sesuai keinginan, baik piring, mangko atau inovasi yang digemari oleh masyarakat.

“Hanya dengan waktu dua menit, alat ini dapat menghasilkan satu produk. Dan kita yakin pemkab akan menindak lanjuti program ini,” ujarnya.

Sementara itu Sekda Tanjabtim Drs. Sapril sangat merespon baik dengan pelatihan yang dilaksanakan PT PetroChina, serta pemberian bantuan alat press. Dengan pelatihan yang dilaksanakan itu, pihaknya berhgarap semoga peserta dapat serius dan dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik.

“Bila mengikuti pelatihan ini dengan baik, tentulah akan membawa hasil yang baik pula,” ujarnya.

Dengan pelatihan dan bantuan alat itu, lanjutnya, dapat menambah inkam atau pendapatan masyarakat. Selain itu dapat meningkatkan usaha masyarakat. “Alatnya juga tidak terlalu mahal, sekitar 25 juta,” katanya.

Menurutnya dengan kegiatan itu, pihaknya berharap dapat menurunkan angka kemiskinan, dan dapat mewujudkan visi dan misi pemerintah derah Tanjabtim yang merakyat.

“Kegiatan ini dihadirkan pihak bank, baik itu BNI maupun Bank Jambi, dengan harapan dapat men-support permodalan untuk masyarakat,” tandasnya. (***)


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments