Selasa, 21 Mei 2019

Penggunaan Trawl Gandeng Marak di Perairan Tanjabtim


Sabtu, 20 April 2019 | 11:05:36 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

MUARASABAK - Aktivitas penangkapan ikan dengan menggunakan alat trawl gandeng saat ini marak di Perairan Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim). Hal ini sangat meresahkam nelayan kecil, karena tangkapan ikan mereka menjadi berkurang.

"Terutama trawl gandeng dua yang sangat meresahkan, karena trawl gandeng dua dapat menangkap ikan berbagai jenis dan ukuran. Bahkan ikan ukuran terkecil hingga ikan ukuran besar pun tak luput dari tangkapan," ungkap Yusuf, nelayan di Kecamatan Kuala Jambi, Kabupaten Tanjabtim. Dikatakannya lagi, dalam sekali angkat trawl bisa menghasilkan berton-ton ikan. Kondisi ini membuat nelayan kecil yang masih melakukan penangkapan tradisional sulit mendapatkan ikan.  "Kami nelayan kecil sangat kesulitan," kata Yusuf. Dijelaskannya, penggunaan trawl gandeng sendiri hanya ada di perairan wilayah Kampung Laut.

Sementara di wilayah Kecamatan Mendahara, Air Hitam Laut, Nipah Panjang, dan kawasan pesisir lainnya tak ada lagi penggunaan trawl gandeng. "Kebanyakan mereka yang menggunakan trawl gandeng tersebut merupakan nelayan dari kabupaten bahkan provinsi tetangga.

Kalau warga Kampung Laut sendiri tidak ada yang menggunakan trawl raksasa tersebut,” jelasnya. Lebih lanjut Yusuf mengatakan, meski ada tindakan dari petugas, penggunaan trawl gandeng di Kampung Laut tetap saja ada.

Bahkan terkadang secara terang-terangan dilakukan oleh nelayan. "Kan bukan nelayan asal Tanjabtim, jadi seenaknya saja," bebernya. Dirinya pun meminta kepada pihak provinsi untuk melakukan tindakan tegas agar seluruh nelayan dapat menggunakan alat tangkap yang sudah di tentukan.  "Harus ada tindakan tegas lagi dari provinsi. Yang dirugikan nelayan kecil," tandasnya. Sebelumnya, puluhan nelayan telah mengadakan pertemuan dengan pihak pemerintah daerah, terkait adanya nelayan dari luar Tanjabtim yang beroperasi di wilayah perairan Tanjabtim.  Dalam pertemuan itu pihak pemerintah daerah melalui Dinas Perikanan Tanjabtim akan segera berkoordinasi dengan dinas perikanan provinsi jambi. "Akan kita teruskan ke provinsi. Karena mereka yang punya kewenangan," ujar Kepala Dinas Perikanan Tanjabtim, Hayat.


Penulis: Nanang
Editor: Ikbal



comments