Jumat, 22 Maret 2019

Siang Ini, Diding Dieksekusi ke Lapas Klas IIA Jambi


Senin, 07 Januari 2019 | 14:03:57 WIB


Diding saat ditangkap petugas kepolisian beberapa waktu lalu
Diding saat ditangkap petugas kepolisian beberapa waktu lalu / dok.metrojambi.com

JAMBI - Diding, terpidana kasus narkoba yang divonis oleh Mahkamah Agung (MA) dengan pidana selama 10 tahun, hari ini, Senin (7/1), dieksekusi oleh tim eksekutor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jambi ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Jambi.

Salah seorang tim esekutor Kejati Jambi ketika dikonfirmasi membenarkan hal ini. Namun dia belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut, karena sedang mengurus administrasi eksekusi di Lapas.

"Ya, sekarang lagi di Lapas, ngurus administrasi," katanya.

Untuk diektahui, Diding divonis MA dengan pidana 10 tahun. Dalam putusan kasasi no 2448/Pid.Sus/2016, MA mengabulkan permohonan kasasi dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Jambi dan membatalkan putusan Pengadilan Tinggi (PT) Jambi No 58/Pid.Sus/2016 tanggal 15 Agustus 2016 lalu.

Kemudian MA mengadili sendiri, menyatakan terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana pemufakan jahat tanpa hak melawan hukum menjual narkotika golongan I yang beratnya lebih 5 gram.

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Didin alias Diding dengan pidana selama 10 tahun denda sebanyak 1 miliar dengan ketentuan apabila tidak dibayar diganti dengan pidana selama 6 bulan. Menetapkan masa penahanan dikurangi masa pidana yang dijalani," begitu bunyi putusan.

Putusan ini ditetapkan pada hari Selasa tanggal 24 Januari 2017 oleh Dr. Salman Luthan, SH dengan hakim anggota Sumardijatmo, SH. MH,  Dr. Margono, SH, M.Hum, MM.


Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments