Rabu, 19 Juni 2019

Harapan Itu Masih Ada


Senin, 07 Januari 2019 | 21:25:43 WIB


Anton
Anton / istimewa

TEPAT 6 Januari 2019, dua tahun sudah Surat Kabar Harian Pagi Metro Jambi. Meskipun terdengar masih balita, namun suka duka yang dilalui cukup banyak untuk menapakkan kaki, mewujudkan mimpi membangun koran lokal ini bermanfaat bagi banyak orang. 

Di tengah himpitan ekonomi, situasi politik yang memanas, persaingan media kian ketat, kami tetap optimistis Metro Jambi tetap mendapat tempat di hati masyarakat. Meskipun tak besar, dengan sedikit ruang, kami yakin harapan itu tetap ada. 

Jujur tak mudah bertahan di situasi seperti saat ini. Hadirnya media digital, berimbas besar pada keberadaan koran. Tapi kami yakin situasi ini tetap bisa dilalui. Badai Pasti Berlalu. 

Selama dua tahun ini pula, berbagai upaya telah kami lakukan untuk terus tetap eksis. Dari pembenahan manajemen, perampingan karyawan, maksimalkan potensi hingga membangun strategi sudah dilakoni.  Di sinilah terlihat secercah sinar harapan. Yang pasti, selangkah demi selangkah, kami sudah mengarah ke harapan dan target tersebut. 

Metro Jambi tetap akan hadir untuk mencerahkan. “Ulas Fakta Dengan Data”, menjadi ciri khas koran ini untuk menyampaikan informasi seakurat mungkin kepada masyarakat, sehingga tetap dinantikan.

Dengan berbekal slogan “Ulas Fakta Dengan Data” itu pula bagi kami inilah menjadi penyemangat. Semangat kami adalah bagaimana Metro Jambi tetap hadir, tumbuh, dan berkembang dalam format media cetak, di samping kami pun tetap mengikuti tren perkembangan media massa, dengan memiliki media siber, metrojambi.com.

Dengan slogan itu pun, sudah setahun belakangan, metro Jambi yang dalam format media cetak, tetap mengikuti tren. Metro Jambi hadir dengan tampilan yang menjadi  tren saat ini. Di samping menyajikan informasi dalam berita, juga ada infografis dan data-data sebagai penunjang informasi. Harapan kami, dengan tampilan seperti ini, akurasi terhadap semua informasi tetaplah terjaga. 

Bagi kami, di era seperti sekarang, media cetak sangat dibutuhkan dan menjadi referensi. Waktu yang lebih lama dalam melakukan peliputan dan kroscek fakta dan data, dirasa menjadi jawaban bagi masyarakat yang memerlukan informasi dengan dengan tingkat akurasi tinggi. 

Yang menjadi alasan lain tentunya karena serbuan kabar bohong di media sosial. Sudah sepatutnyalah Metro Jambi hadir menjadi sumber referensi  masyarakat yang mampu mengedukasi. Ini tak terlepas karena pemberitaannya yang tetap mengedepankan sisi keberimbangan dan akurasi yang tinggi itu. 

Untuk terus menunjang kemampuan kami dalam pemberitaan itu, bidang keredaksian tentunya terus menjadi perhatian utama. Meski berusia muda, Metro Jambi kini terus mendorong tiap karyawannya meningkatkan kemampuan dan segala potensinya. Metro Jambi pun terus mengikuti berbagai aturan dan prasyarat untuk menjadi media massa yang tetap profesional. 

Mulai media yang terverifikasi dewan pers, dan bahkan di bidang redaksi pun Metro Jambi pun sudah memiliki banyak wartawan yang berkompeten. Setidaknya kini Metro Jambi punya tiga wartawan dengan kompetensi utama, dari 1 orang yang dipersyaratkan dewan pers. Ini belum termasuk dengan beberapa wartawan Metro Jambi  yang memiliki jenjang kompetensi madya. Prasyarat lain pun juga ditunaikan, supaya informasi yang disuguhkan kepada pembaca tetap terjaga. 

Di sisi lain, kami juga patut mengucap syukur kepada para pembaca yang selama ini tetap setia menantikan tiap terbitnya edisi Metro Jambi, setiap pagi. 

Yang pasti, dengan tahun baru, tahun 2019, dan juga bertepatan ulang tahun Metro Jambi, adalah waktu yang tepat bagi kami terus melangkah maju. Berbagai kekurangan yang dirasa sudah dilakukan sebelumnya, tentu menjadi bahan evaluasi. Kami akan tetap hadir dan menjawab berbagai kebutuhan pembaca akan informasi. Sekali lagi, terima kasih kepada pembaca setia Harian Pagi Metro Jambi.

Salam Redaksi,

 


Penulis: Anton, Pimpinan Redaksi Harian Pagi Metrojambi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments