Jumat, 18 Januari 2019

Siswa Kenakan Pakaian Adat

Saat Upacara Bendera Sambut HUT Jambi LXII

Selasa, 08 Januari 2019 | 11:54:33 WIB


Suasana HUT Provinsi Jambi ke 62 di sejumlah sekolah lengkap dengan pakaian adat Jambi
Suasana HUT Provinsi Jambi ke 62 di sejumlah sekolah lengkap dengan pakaian adat Jambi / Jainal Abidin

JAMBI - Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Jambi LXII atau ke - 62 tahun 2019 jatuh pada 6 Januari lalu. Namun sekolah baru merayakannya pada Senin (07/01) kemarin.

Menariknya, selama upacara bendera menyambut HUT Provinsi Jambi ini dimeriahkan dengan pakaian daerah Jambi. Para pegawai dan guru pria mengenakan pakaian Teluk Belango lengkap dengan kain sarung, sedangkan yang perempuan mengenakan tengkuluk.

"Setiap tahun kita rayakan upacara bendera, baik saat HUT kota maupun provinsi," ujar Kepala SMP Negeri 24 Kota Jambi, Boy Surau.

Menurutnya, kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi sekolah dalam mendukung program pemerintah daerah dalam pembangunan dan menuntaskan pendidikan Dengan terus meningkatkan prestasi siswa dan meningkatkan SDM dan kinerja pegawai. "Saya sampaikan saat upacara bendera tadi," imbuhnya.

Selain itu, pihaknya juga menggelar perlombaan setelah upacara dan langsung menentukan pemenangNYA. "Lomba pemasangan tengkuluk dan teluk belango," katanya.

Perayaan serupa juga dilakukan di SD Negeri 181 dan SMA Negeri 11 Kota Jambi. Dua sekolah ini juga memperingati hari jadi Provinsi Jambi dengan mengenakan pakaian daerah Jambi saat melaksanakan upacara bendera. "Sekolah antusias merayakan HUT Jambi ke-62 tahun," sebut Kepala SD 181, Ilya Sinarita.

Sementara itu, Plt Kepala SMA 11 Kota Jambi, Irwansyah menyebutkan, pihaknya juga ikut merayakan hari jadi Provinsi Jambi. "SMA kan saat ini di bawah binaan provinsi, dan berkomitmen memajukan pendidikan di Jambi," katanya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments