Minggu, 24 Maret 2019

Ini Perkembangan Terbaru Kasus Suap Uang Ketok Palu DPRD Provinsi Jambi


Selasa, 08 Januari 2019 | 19:25:39 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

JAMBI - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum lama ini telah menetapkan 13 orang tersangka baru terkait pengusutan kasus suap uang "ketok palu" pengesahan RAPBD Provinsi Jambi tahun 2017-2018.

Tersangka yang ditetapkan terdiri dari tiga pimpinan DPRD Provinsi Jambi, yakni Cornelis Buston, AR Syahbandar, dan Chumaidi Zaidi. Kemudian lima pimpinan fraksi, yakni Supardi Nurzain dari Golkar, Cek Man dari Restorasi Nurasi, Tadjuddin Hasan dari PKB, Parlagutan Nasution dari PPP, dan Muhammadiyah dari Gerindra.

Selanjutnya Zainal Abidin selaku ketua Komisi III, dan tiga anggota DPRD Provinsi Jambi lainnya, yakni Elhelwi, Gusrizal, dan Effendi Hatta. KPK juga menetapkan pihak swasta, Joe Fandy Yoesman alias Asiang sebagai tersangka.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi metrojambi.com mengatakan, saat ini penyidik sedang mengidentifikasi fakta-fakta dan bukti-bukti yang telah muncul di sidang Zumi Zola sebelumnya.

"Sesuai putusan hakim, beberapa daftar bukti digunakan untuk perkara lain (pimpinan dan anggota dewan, red)," kata Febri.

Sementara itu, beredar informasi jika sejumlah anggota DPRD Provinsi Jambi diperiksa sebagai saksi oleh penyidik KPK. Saat dikonfirmasi mengenai informasi tersebut, Febri mengatakan belum ada anggota dewan yang diperiksa.

"Belum ada mas," ujarnya.

Sebelumnya, dalam kasus ini KPK telah menetapkan 5 orang tersangka. Mereka adalah Gubenur Jambi nonaktif Zumi Zola, anggota DPRD Provinsi Jambi Supriyono, mantan Plt Sekda Provinsi Jambi Erwan Malik, mantan Asisten III Setda Provinsi Jambi Saipudin, dan mantan Plt Kadis PUPR Provinsi Jambi Arfan.

Kelimanya telah divonis bersalah dalam kasus ini. Saat ini, Zumi Zola menjalani hukuman di Lapas Sukamiskin, Bandung. Sementara itu Supriyono, Erwan Malik, Saipudin, dan Arfan menjalani hukuman di Lapas Klas IIA Jambi.


Penulis: Ikbal Ferdiyal
Editor: Herri Novealdi


TAGS:


comments