Selasa, 18 Juni 2019

Peduli Lingkungan, SMA Xaverius 2 Ubah Wajah Sekolah


Selasa, 08 Januari 2019 | 20:24:03 WIB


Kepala SMA Xaverius 2 Tri Mardianto saat memperlihatkan laporan proyek siswa
Kepala SMA Xaverius 2 Tri Mardianto saat memperlihatkan laporan proyek siswa / metrojambi.com

JAMBI – Wajah bangunan SMA Xaverius 2 Jambi saat ini, lebih indah dan enak dipandang. Warna-warna yang menarik menghiasi dinding sekolah.

Perubahan wajah ini bermula dari kondisi lingkungan sekolah yang membosankan karena bangunan warnanya tidak menarik.

Apalagi penataan taman dan tanaman yang belum teratur. Makanya muncul ide untuk menata dan merubah wajah sekolah menjadi lebih menarik.

Kepala SMA Xaverius 2 Tri Mardianto mengatakan, upaya sekolah dalam mengembangkan bangunan fasilitas sekolah termasuk sarana dan prasarana dilakukan dengan mengajak siswa mengerjakannya.

"Kita ajak siswa melakukan perubahan wajah sekolah agar lebih menarik dan enak dilihat," ujarnya, Selasa (8/1).

Kondisi sekolah sebelumnya menumbuhkan keprihatinan terhadap lingkungan sekitar dan menimbulkan kesadaran diri.

“Makanya, siswa juga ditanamkan nilai edukasi dalam pendidikan karakter sesuai kurikulum saat ini yakni K 13. "Supaya siswa nantinya terbiasa menerapkan pola ini di rumah," imbuhnya.

Tri menuturkan, sebelum mengerjakan, siswa diajak langsung melihat kondisi sekolah dan diberikan tugas membuat proyek yang nantinya akan dikerjakan sesuai kelompok masing-masing.

Setiap tim, proyeknya tidak sama dengan kelompok lain. Masing-masing membuat proposal ide kegiatan dan laporan. "Ada anak yang benahi taman, sudut sekolah, tempat sampah," sebutnya.

Ia berharap setelah di lakukan pembenahan lingkungan sekolah, SMA Xaverius 2 semakin indah dan nyaman bagi siswa saat bersantai atau menikmati pemandangan sambil bembaca buku ketika jam istirahat berlangsung.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments