Minggu, 16 Juni 2019

Sejumlah Anggota PPS di Kerinci Mengundurkan Diri


Selasa, 08 Januari 2019 | 10:51:48 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

KERINCI - Pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif dan Presiden sudah di depan mata. Namun tiga bulan menjelang Pemilu banyak Panitia Pemungutan Suara (PPS) di kabupaten Kerinci mengundurkan diri.

Dari data yang diperoleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kerinci, ada sebanyak 20 orang penyelenggara Pemilu ditingkat PPS telah mengundurkan diri. Ketua KPUD Kabupaten Kerinci, Kumaini, membenarkan hal tersebut.

Dia mengatakan bahwa untuk 20 orang yang telah mengundurkan diri berbagai alasan. Ada karena tidak sanggup menjalankan tugas sebagai anggota PPS, kemudian ada berangkat ke Luar Negeri seperti Malaysia.

"Ya, untuk 20 orang anggota PPS mundur itu sudah kita laksanakan Pergantian Antar Waktu (PAW) dan sudah dilantik beberapa waktu lalu," ujarnya, Selasa (8/1).

Dia menambahkan, pelantikan PAW tersebut harus segera dilaksanakan karena tahapan Pemilu masih tinggal sekitar tiga bulan lagi. "Kita tidak bisa melarang mereka (PPS,red) untuk mengundurkan diri karena itu haknya," sebutnya.

Untuk pengganti PPS yang mengundurkan diri tersebut, lanjut Kumaini, akan digantikan berdasarkan peringkat di bawahnya. "Sesuai dengan antrianya, tapi jika anggota PPS yang lain tidak cukup, kita minta kepada PPK mencari anggota PPS yang sesuai dengan aturan yang berlaku," pungkasnya.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments