Rabu, 12 Agustus 2020

Perda Pencalonan Kades Mulai Diberlakukan, Warga Bisa Mencalonkan Diri di Desa Lain


Selasa, 08 Januari 2019 | 20:37:34 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

KERINCI - Tiga Peraturan Daerah (Perda) tentang Pemerintah Desa telah disahkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kerinci, dan bahkan sudah dievaluasi di Jambi. Salah satu isi Perda tersebut mengatur tentang pencalonan kepala desa (Kades) di Kerinci, dimana calon Kades tidak diharuskan merupakan warga setempat.

Hal ini merupakan tindak lanjut dari tiga Ranperda yang telah disahkan menjadi Perda, yakni Perda kerja sama desa, penataan desa, serta Perda pemilihan pengangkatan dan pemberhentian Kades.

Kepala Bagian Hukum Setda Kerinci, Zufran, membenarkan ada tiga Ranperda yang telah disahkan menjadi Perda, ketiganya menyangkut tentang desa. Mulai dari Perda kerjasama desa, penataan desa hingga Perda tentang pemilihan dan pengangkatan kepala desa.

"Saat ini ketiga Perda ini sudah disahkan DPRD, sudah dievaluasi di Jambi melalui biro hukum," ujarnya, Selasa (8/1).

Ia menyebut, tindak lanjut dari ketiga Perda tersebut adalah pelaksanaan sosialisasi yang akan dilaksanakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kerinci. "Berdasarkan Perda untuk Pilkades, calon Kades tidak harus merupakan warga yang berdomisili di desa setempat, yang jelas statusnya WNI," katanya.

Tidak hanya tiga Perda tentang desa, Perda tentang pajak dan retribusi juga sudah disahkan DPRD Kerinci. Saat ini, Perda itu masih menunggu evaluasi di Biro Hukum Provinsi Jambi, selanjutnya akan diajukan ke Kemendagri untuk dievaluasi.

"Kalau terkait Perda Pajak dan retribusi panjang prosesnya, kita berharap berjalan dengan lancar," pungkasnya.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments