Sabtu, 23 Maret 2019

Bawaslu Jambi Temukan Sumbangan Dana Kampanye Dalam Bentuk Jasa


Rabu, 09 Januari 2019 | 10:15:38 WIB


Pimpinan Bawaslu Provinsi Jambi fachrul Rozi
Pimpinan Bawaslu Provinsi Jambi fachrul Rozi / metrojambi.com

JAMBI – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jambi turut melakukan pengawasan terkait penyerahan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) peserta Pemilu ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi beberapa waktu lalu.

Pimpinan Bawaslu Provinsi Jambi Fachrul Rozi mengatakan, sesuai dengan Peraturan Bawaslu Nomor 29 tahun 2018 tentang Pengawasan Dana Kampanye Pemilihan Umum, ada beberapa hal yang diawasi dalam penyerahan LPSDK.

Antara lain, memastikan kepatuhan pelaporan, ketetapan waktu pelaporan, penerimaan sumbangan kampanye tidak berasal dari sumber terlarang, memastikan terkait kelebihan sumbangan, memeriksa kelengkapan laporan, memeriksa identitas pemberian sumbangan.

“Dan memeriksa kesesuaian sumbangan dengan jumlah nominal batasan dana kampanye, serta memeriksa bukti laporan penerimaan sumbangan dana kampanye dengan memeriksa dokumen dan pengawasan secara langsung. Ini lah bahan pengawasan kami,” terang Fachrul Rozi, Selasa (8/1).

Selama melakukan pengawasan itu, kata Fachrul Rozi, pihaknya menemukan dua calon anggota DPD RI yang terlambat menyampaikan LPSDK ke KPU.

Sementara itu lanjutnya, dari analisis dokumen yang diterima oleh Bawaslu Provinsi Jambi, terdapat sumbangan yang diterima dalam bentuk jasa dan ditulis dalam bentuk angka atau nominal.

Selain itu, juga ditemukan adanya penulisan dalam angka atau nominal yang tidak sesuai dengan laporan yang diterima salah. "Kami harap peserta Pemilu 2019 tingkat Provinsi Jambi untuk dapat lebih teliti, patuh untuk melaporkannya," tukasnya.


Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments