Jumat, 18 Januari 2019

Kerinci Optimistis Bisa Juara Lomba Hatinya PKK Tingkat Nasional


Kamis, 10 Januari 2019 | 16:44:41 WIB


Bupati Kerinci Adirozal, bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kerinci Nailil Husna Adirozal
Bupati Kerinci Adirozal, bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kerinci Nailil Husna Adirozal / Humas Kabupaten Kerinci

KERINCI - Desa Mekar Sari, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci akan mewakili Provinsi Jambi pada Lomba Hatinya Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) tingkat nasional, yang akan diselenggarakan pada pertengahan tahun 2019 ini.

Untuk itu, dalam melakukan persiapan tersebut. Bupati Kerinci Adirozal, bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kerinci Nailil Husna Adirozal, beserta sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Camat, Rabu (9/1), melakukan peninjauan sekaligus pembinaan terhadap Desa Mekar Sari yang akan mengikuti lomba hatinya PKK tingkat nasional.

Dalam peninjauan tersebut, Bupati bersama Ketua TP PKK melihat kesiapan beberapa program unggulan yang dimiliki Desa Mekar Sari mulai dari pemanfaatan pekarangan, tanaman, kolam ikan, buah-buahan, serta sayur-sayuran yang ada di pekarangan rumah warga.

Ketua Tim Penggerak PKK Kerinci Nailil Husna Adirozal mengatakan bahwa Desa Mekar Sari dibawah binaan TP PKK Kabupaten Kerinci optimis juara pada lomba hatinya PKK tingkat Nasional mewakili Provinsi Jambi.

"Melihat persiapan yang jauh-jauh hari, kita optimis bisa juara," ujar Naili.

Bukan hanya itu, Desa Mekar Sari juga telah mendapat pembinaan dari OPD terkait, dalam pemanfaatan pekarangan masyarakat.

"Seperti kolam ikan, bukan saja kolam besar, tapi parit dan got bagaimana membuat keramba, nanti dilihat di sana, ini yang dibantu Dinas Perikanan. Untuk Pertanian, bibit pupuk, juga sudah dibantu. Begitu juga perkebunan seperti bantuan bibit buah-buahan," ungkapnya.

Dalam perlombaan nantinya, Desa Mekar Sari mempunyai beberapa produk unggulan yakni strawberi dan Terong Belanda. Dari sektor lainnya, kopi dan abon ikan.

"Nanti sepanjang jalan menuju bukit cinta, akan kita tanam Terong Belanda. Saat ini, sedang dalam proses pembibitan," bebernya.

Bupati Kerinci, Adirozal, juga mengapresiasi kepada warga desa Mekar Sari yang memanfaatkan pekarangan rumah sebagai kebun dan kolam ikan untuk membantu perekonomian masyarakat.

"Ini sangat luar biasa, semoga desa Mekar Sari menjadi desa percontohan di Provinsi Jambi khususnya dan Indonesia umumnya," sebutnya.

Disebutnya lagi, dimana dengan waktu yang masih ada 4 bulan kedepan dirinya berharap Desa Mekar Sari jadi juara Nasional mewakili Jambi. Saat ini sambung Bupati, tinggal membenahi dan mempertahankan unggulan yang ada. Seperti kolam mempertahankan agar hasil lebih maksimal, pemanfaatan pekarangan, buah-buahan yang belum buah kita tunggu, kemudian sayur-sayuran lebih ditingkatkan lagi.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments