Kamis, 20 Juni 2019

Ikut Penilaian Sekolah Sehat, SMP 20 Kota Jambi Benahi Fasilitas dan Tegakkan Aturan


Rabu, 09 Januari 2019 | 11:57:29 WIB


Siswa bercengkrama saat istrirahat dihalaman sekolah
Siswa bercengkrama saat istrirahat dihalaman sekolah / Jainal Abidin

JAMBI – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 20 Kota Jambi saat ini sedang fokus dalam pembenahan dan perbaikan sarana dan prasarana sekolah, seperti penyediaan air bersih di lingkungan sekolah, sanitasi dan cuci tangan, tempat pembuangan sampah dan lain sebagainya untuk menunjang menuju sekolah sehat.

"Kita di SMP 20 saat ini mulai mempersiapkan diri untuk ikut penilaian sekolah sehat," sebut Kepala SMP Negeri 20 Kota Jambi Jasmen Munthe, Rabu (9/1).

Menurutnya, selama ini sekolah yang berada di Jalan Darmapala, Kecamatan Paal Merah, Kota Jambi ini belum pernah sama sekali mengikuti penilaian sekolah sehat. Hal ini dikarenakan kondisi dan fasilitas sekolah yang tidak mendukung dari segi kesehatan lingkungan untuk mengikuti penilaian sekolah sehat.

"Selama ini, anak-anak masih suka buang sampah sembarangan," ujarnya.

Di samping itu, jumlah tempat sampah tidak memenuhi untuk menampung volume sampah bekas makanan dan minuman yang dibuang siswa. "Makanya, kita mulai tambah tempat sampah sesuai jenisnya," paparnya.

Dikatakannya lagi, untuk mengubah kebiasaan buruk siswa dalam membuang sampah, sekolah menegakkan aturan melarang siswa membuang sampah sembarangan dan apabila ketahuan akan diberikan sanksi.

"Selain itu, kantin yang ada di sekolah juga di larang menyediakan kantong plastik, harus wadah yang mudah hancur dan sehat," katanya.

Sekolah juga mulai melakukan penghijauan di lingkungan sekolah. Untuk penghijauan ini, pihaknya melibatkan siswa dengan membawa tanaman dan menanam dalam pot. "Kita minta mereka membawa tanaman buah," ujarnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments