Minggu, 24 Maret 2019

Sekda: Kerjasama dengan BPKP Terus Ditingkatkan


Kamis, 10 Januari 2019 | 15:42:52 WIB


Sekda Provinsi Jambi M. Dianto saat mengukuhkan Kepala BPKP Perwakilan Jambi yang baru Alexander Rubi Satyohadi
Sekda Provinsi Jambi M. Dianto saat mengukuhkan Kepala BPKP Perwakilan Jambi yang baru Alexander Rubi Satyohadi / metrojambi.com

JAMBI – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi Drs. H. M. Dianto, M.Si menyampaikan, Pemerintah Provinsi Jambi terus berupaya meningkatkan kerjasama dengan BPKP Perwakilan Jambi, dalam rangka mewujudkan tata kelola Pemerintahan yang baik di lingkup Provinsi Jambi.

Hal tersebut disampaikan Sekda pada Pengukuhan dan Serah Terima Jabatan Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jambi, Kamis (10/1). Dianto secara langsung mengukuhkan kepala BPKP Perwakilan Jambi dan menyaksikan serah terima jabatan dari Kepala BPKP Perwakilan Jambi yang lama, Nasmifida, Ak, CA, CfrA, QIA, kepada Kepala BPKP Perwakilan yang baru Alexander Rubi Satyohadi, SE, ME.

“Kita terus melanjutkan dan meningkatkan kerjasama yang selama ini telah terjalin dengan baik bersama BPKP Perwakilan Jambi. Hal ini dilaksanakan karena kita membutuhkan bimbingan dan supervisi dari BPKP Perwakilan Jambi dalam rangka meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik di lingkup Provinsi Jambi,” ujar Dianto.

Diungkapkan Dianto, Pemerintah Provinsi Jambi terus berupaya dalam meningkatkan kualitas seluruh aspek tata kelola Pemerintahan, mulai dari aspek transparansi, partisipasi, akuntabilitas maupun aspek koordinasi, karena hal tersebut tercantum dalam misi pertama RPJMD Provinsi Jambi tahun 2016-2021.

“Berkaitan dengan tata kelola Pemerintahan di Provinsi Jambi, masih ada permasalahan yang kita temukan. Permasalahan disebabkan masih lemahnya Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan penyimpangan dalam pengadministrasian,” ungkap Dianto.

“Untuk itu, Pemerintah Provinsi Jambi yang saat ini tingkat maturitas SPIP dan kapabilitas APIP berada di level 2, terus berusaha dan berkomitmen menuju level 3. Kita berharap, hasil QA terhadap maturitas SPIP dan kapabilitas APIP Provinsi Jambi yang sedang mengalami proses di BPKP bisa mengalami peningkatan,” ujarnya menambahkan.

Selanjutnya, Dianto mengucapkan selamat kepada Alexander Rubi Satyoadi yang telah dikukuhkan menjadi Kepala BPKP Perwakilan Jambi yang baru, semoga bisa lebih memberikan semangat bagi Provinsi Jambi dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Nasmifida atas kerjasama dan supervisi yang telah diberikan selama ini kepada Pemerintah Provinsi Jambi. Semoga Bapak Nasfimida lebih sukses di tempat yang baru dan tetap menjalin silahturahmi yang baik dengan Pemerintah Provinsi Jambi,” tutupnya.

Kepala BPKP Dr. Ardan Adi Perdana, Ak, MBA, CA, CfrA mengucapkan terima kasih kepada Bapak Sekda Provinsi Jambi yang telah mengukuhkan Kepala BPKP Perwakilan Jambi dan mengharapkan Pemerintah Provinsi Jambi beserta jajarannya bisa menerima Kepala BKPK Perwakilan Jambi menjadi mitra kerja, sehingga sinergi yang telah berjalan dapat dipertahankan dan lebih ditingkatkan lagi.

“Kami terus fokus dalam pengawalan pelaksanakan program program pembangunan, khususnya lintas sektoral dan terus mencoba berkontribusi dalam meningkatkan tata kelola pemerintah yang baik melalui pilar pilar maturitas SPIP dan kapabilitas APIP. Kami juga terus fokus mengawal akuntabilitas dalam menjaga aset negara dan aset daerah, serta terus meningkatkan ruang fiskal baik di Pusat maupun di daerah,” terang Ardan.

Ardan mengemukakan, untuk Provinsi Jambi sendiri, BPKP melalui BPKP Perwakilan Jambi akan terus membantu dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik di lingkup Provinsi Jambi mulai dari Pemerintahan Provinsi sampai kepada pemerintahan desa.

“Kita akan terus mengawal akuntabilitas di berbagai kegiatan dan instrument instrument yang telah berjalan saat ini di Provinsi Jambi, sehingga tata kelola pemerintahan yang baik di Provinsi Jambi dapat segera terwujud,” kata Ardan.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments