Jumat, 23 Agustus 2019

Bupati Tak di Tempat, Disiplin ASN di Tanjabtim Menurun


Jumat, 11 Januari 2019 | 10:03:36 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

MUARASABAK – Tingkat kedisiplinan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) akhir-akhir ini terus menurun. Apalagi ketika Bupati dan Wakil Bupati sedang berada diluar daerah, semakin membuat disiplin ASN merosot.

Kesal dengan ulah ASN ini, Asisten II bersama Asisten III, Inspektorat, BKPSDMD, dan Satpol PP Tanjabtim, Kamis (10/1), melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD).

Asisten II Sekda Tanjabtim Agus Sadikin ketika dikonfirmasi mengakui jika pimpinan tidak berada di tempat, sejumlah ASN sengaja memanfaatkan untuk tidak masuk kantor tanpa alasan yang jelas.

"Inilah alasan kita lakukan sidak. Sudah lama diperhatikan dan jadi bahan kami akan memberikan tindakan," tegasnya.

Dikatakannya lagi, kemungkinan sejumlah ASN beranggapan jika pimpinan tidak berada di tempat para ASN bisa bersantai dan tidak harus berada di kantor. Jika dianggap seperti itu selama ini tentunya pada ASN salah besar.

"Memang pimpinan tidak ada, tapi kan yang mewakili ada. Kami selalu yang di beri amanah akan bertindak," ujarnya.

Dengan sidak ini harapnya ASN lebih patuh dan lebih dapat meningkatkan disiplin meski pimpinan tidak berada di tempat.

"Semua ada penggantinya, jika bupati tidak ada wakil bupati ada. Sekda tidak ada wakil nya ada. Jadi jangan di anggap pemerintahan ini kosong," tegasnya.

Terkait ketidakkepatuhan dan disiplin tentunya akan menjadi bahan evaluasi tersendiri. Bahkan sanksi pun akan di terapkan oleh OPD terkait, seperti BKSDMD dan Inspektorat.

"Ini nanti akan di tindak lanjuti oleh OPD terkait, sanksi jelas menunggu para ASN," tandasnya.


Penulis: Nanang Suratno
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments