Kamis, 20 Juni 2019

Bupati Tanjabtim Keberatan, Pembangunan Jembatan Sadu-Nipah Panjang dengan Pola Cicil Batal


Jumat, 11 Januari 2019 | 17:25:29 WIB


Bupati Tanjabtim Romi Hariyanto
Bupati Tanjabtim Romi Hariyanto / Dok.metrojambi.com

MUARASABAK - Meski telah disetujui Bappenas, namun pembangunan jembatan Sadu-Nipah Panjang oleh dengan pola cicil atau kredit batal. Ini dikarenakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) keberatan dengan besaran biaya yang ditawarkan BUMN yang ditunjuk Bappennas.

BUMN yang ditunjuk Bappenas mengajukan biaya pembangunan di atas Rp 200 miliar. Sementara itu Bupati Tanjabtim Romi Hariyanto sedari awal menegaskan jika biaya yang digunakan di atas Rp 200 miliar, maka ia akan menolaknya.

Romi beralasan, berdasarkan hitungan, biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan jembatan Nipah Panjang-Sadu hanya di angka Rp 180 miliar. "Dari awal kita sudah sampaikan kalau pembiayaannya di atas 200 miliar kita tidak sepakat," ujar Romi, Jumat (11/1).

Maka dari itu, lanjut Romi, rencana pembangunan jembatan Nipah Panjang-Sadu yang semula direncanakan dengan skema pembiyaaan oleh BUMN batal dilaksanakan. Meski diringankan dengan pola pembayaran cicilan hingga 20 tahun, Romi keberatan dengan harga ketetapan yang terlalu tinggi.

Karena itu dia lebih memilih tetap membangun jembatan vital itu dengan biaya APBD. "Tentu kita berharap dukungan Pemprov Jambi dan Pemerintah pusat," kata Romi.

Meskipun menyedot anggaran cukup besar, Romi mengaku akan tetap melakukan pembangunan jembatan tersebut menggunakan APBD. Sebab, dengan adanya jembatan tersebut dapat meningkatkan aksesibilitas antar wilayah, serta terbukanya interkoneksi jaringan jalan dari bandar jaya menuju Nipah Panjang ke Sungai Lokan dan Ujung Jabung serta Sungai Sayang.

Bahkan keberadaan jembatan ini nantinya akan memperlancar akses jalan dan diharapkan dapat mendukung sektor perekonomian masyarakat. Sebab di daerah Nipah Pajang dan Sadu ini banyak komoditi hasil pertanian dan perkebunan masyarakat.

"Maka dari itu jembatan Nipah Panjang-Sadu ini pembangunannya akan tetap kita lakukan," pungkasnya.


Penulis: Nanang Suratno
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments