Kamis, 20 Juni 2019

EDS, SMA 3 Tanjabtim Bahas Standar Pendidikan


Jumat, 11 Januari 2019 | 20:24:34 WIB


Foto bersama usai workshop EDS di SMA Negeri 3 Tanjabtim
Foto bersama usai workshop EDS di SMA Negeri 3 Tanjabtim / metrojambi.com

JAMBI – Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 3 Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), Kamis (10/1) lalu melakukan Evaluasi Diri Sekolah (EDS) terhadap delapan standar pendidikan yang telah dijalankan. Kegiatan ini melibatkan seluruh komponen sekolah meliputi kepala sekolah, guru, pegawai, dan karyawan.

Kepala SMA Negeri 3 Tanjabtim Pahrin Wirnadian mengatakan, kegiatan EDS dilakukan sekolah secara rutin setiap tahun. Menurutnya, EDS ini untuk melihat sejauh mana program sekolah yang telah dijalankan dan mengukur kemampuan serta untuk melihat permasalahan atau kendala yang ada.

"Tujuannya, ke depan kita ada perencanaan baru atau lebih meningkatkan lagi rencana sebelumnya," ujarnya, Jumat (11/1).

Kepala sekolah terbaik II tingkat Provinsi Jambi menambahkan, dalam kegiatan ini sekolah melibatkan semua komponen, mulai dari dirinya selaku pimpinan, guru, pegawai dan karyawan di SMA Negeri 3.

Masing-masing peserta memaparkan permasalahan yang ada atau hasil kinerja selama ini. "Sesuai standar pendidikan yang ada," imbuhnya.

Dijelaskannya, progres ke depan sekolah juga mempersiapkan diri dalam penilaian akreditasi, sehingga nantinya saat persiapan dan penilaian berjalan lancar dan mendapatkan hasil memuaskan dengan mempertahankan akreditasi saat ini. "Sekolah terakeditasi A," jelasnya.

Mega Wati, salah satu guru SMA Negeri 3 Tanjabtim menyebutkan, pihaknya menyampaikan sesuai program kinerja sebelumnya dan menyampaikan kendala yang selama ini dihadapi untuk peningkatan dan kompetensi sekolah. "Agar mendapatkan solusi terbaik," paparnya.

Ke depan dirinya berencana akan membuka bengkel sastra yang menampung dan mengembangkan bakat-bakat peserta didik dalam bidang sastra. "Kita ingin sekolah pelosok mampu bersaing dengan sekolah di kota," katanya lagi.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments