Sabtu, 16 November 2019

PNM Jambi Dorong UKM Lebih Inovatif dan Kreatif


Senin, 14 Januari 2019 | 14:50:53 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI- PT Permodalan Nasional Madani (PNM) melakukan pendampingan terhadap pelaku Usaha Kecil dan Mikro (UKM) agar bisa menjadi pengusaha yang inovatif, kreatif serta menambah wawasan berbisnis sebagai bekal bersaing di era modern saat ini.

"Pendampingan yang dilakukan oleh PT PNM tersebut berupa pelatihan dan temu pelaku usaha. Kegiatan tersebut diikuti 50 orang lebih yang merupakan nasabah dari PNM dengan tema Inovasi dan Kreatifitas UKM Jaman Now bersama PNM," kata Pimpinan PT PNM Cabang Jambi, Joko Santosa, Senin.

Ia menjelaskan UKM memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia. UKM banyak berperan mengatasi pengangguran akibat angkatan kerja yang tidak terserap dalam dunia kerja. Sektor UKM dipromosikan dan dijadikan sebagai agenda utama pembangunan ekonomi Indonesia.
Menurut dia sektor UKM telah terbukti tangguh, ketika terjadi krisis ekonomi 1998 dan adanya kebijakan dan dukungan yang lebih besar seperti perijinan, teknologi, struktur, manajemen, pelatihan dan pembiayaan, UKM diharapkan dapat berkembang pesat dan mampu bersaing sehat dengan pasar besar di tengah bebasnya pasar yang terjadi saat ini, kata Joko Santoso.

Di era millenia ini, kata dia kebutuhan UKM tidak semata-mata modal finansial, namun juga modal intelektual, dimana hal ini bisa dicukupi dengan cara pendampingan intensif. PNM sebagai salah satu BUMN yang mengemban tugas untuk membantu pengembangan UMK berupaya mengintensifkan perannya baik melalui aktifitas pembiayaan melalui pembinaan.

Khusus untuk aktifitas pembinaan, tengah dilakukan serangkaian kegiatan yang terpadu sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan yang
mereka hadapi.

Menurut Joko Santosa, tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi wirausaha UKM nasabah PNM sekaligus memberikan motivasi usaha dalam rangka meningkatkan kinerja. Disamping itu pengembangan pasar, sehingga dapat dijadikan sebagai jejaring pemasaran sesama UMK sehingga terjalin komunikasi dan hubungan baik antar pelaku UKM nasabah PNM.

Dengan demikian PNM berupaya memaksimalkan peran pengembangan ekonomi rakyat, sebagai BUMN yang memiliki uniqueness dalam menjalin kemitraan terhadap nasabah ULaMM dan sebagai raw model program pengembangan kelompok pengusaha mikro yang mandiri dan berkesinambungan.

PNM merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang ekonomi kerakyatan melalui pembiayaan, pendampingan dan jasa manajemen kepada pelaku usaha ultra mikro, mikro, kecil dan menengah (UMKM).

PNM memiliki dua produk unggulan, yaitu Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) yang khusus memberikan pembiayaan usaha kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah yang disertai dengan program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU). Program PKU memberikan pelatihan, pendampingan serta jasa menajemen kepada nasabah ULaMM yang disesuaikan dengan kebutuhan para nasabah, program ini menjadi keunggulan PNM yang membedakan dengan lembaga pembiayaan lainnya.

Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) merupakan produk pembiayaan usaha yang diberikan kepada kelompok perempuan prasejahtera produktif pelaku usaha ultra mikro.


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments