Senin, 22 Juli 2019

Pemukim Yahudi Cabuti Pohon di Taman Masjid


Senin, 14 Januari 2019 | 21:44:27 WIB


/ duta.co

PALESTINA - Pemukim Yahudi tidak sah pada Ahad (13/1) mencabuti pohon zaitun, setelah mereka menyerbu taman Masjid Al-Ibrahim di Kota Tua Al-Khalil (Hebron), Tepi Barat Sungai Jordan, kata beberapa sumber lokal.

Jamal Abu Aram, Direktur Departemen Waqaf Al-Khalil, mengatakan kepada Kantor Berita Resmi Palestina, WAFA, bahwa sekelompok pemukim Yahudi yang dilindungi oleh pengawal militer menyerbu kebun di masjid tersebut dan mencabuti banyak pohon zaitun di bawah pengawasan penuh tentara Israel.

Ia mengatakan para penjaga Waqaf Masjid mendekati lembaga terkait pemerintah untuk menghentikan serangan itu. Ia menuduh Israel bertanggung-jawab langsung atas serangan tersebut.

Telah terjadi peningkatan mencolok serangan oleh pemukim Yahudi terhadap orang Paletina dan harta mereka serta tempat suci selama beberapa pekan terakhir.

Sebanyak 400.000 pemukim Yahudi tinggal di berbagai permukiman khusus untuk orang Yahudi yang tersebar di seluruh Tepi Barat, yang diduduki Israel, dalam pelanggaran nyata terhadap hukum internasional.

Pemukim Yahudi tidak sah pada Ahad juga menghancurkan ratusan benih hutan yang siap ditanam di dekat Desa Burqa, bagian utara Kota Nablus di Tepi Barat, kata satu sumber lokal kepada WAFA --yang dipantau Antara di Jakarta, Senin malam.

Ghassan Daghlas, yang memantau kegiatan permukiman Yahudi di daerah tersebut, mengatakan kepada WAFA bahwa pemukim Yahudi menyerbu pinggir desa dan menghancurkan ratusan benih pohon yang siap ditanam untuk mengubah sebagian lahan desa itu menjadi pelestarian alam.

Ia mencatat peningkatan serangan terhadap desa tersebut dan warganya oleh pemukim Yahudi dari permukiman tidak sah yang berada di dekatnya. Pekan lalu, pemukim Yahudi mencabut dan mencuri benih pohon zaitun dan almond yang baru ditanam di dekat Desa Yanoun, sebelah selatan Nablus.


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments