Selasa, 20 Agustus 2019

Bupati Merangin Sebut Pejabatnya Gagal Mengelola Keuangan


Rabu, 24 Juli 2019 | 15:09:15 WIB


Bupati Merangin Al Haris
Bupati Merangin Al Haris / dok/metrojambi.com

BANGKO - Sekitar Rp 30 miliar Dana Alokasi Khusus (DAK) Pemerintah Kabupaten Merangin terancam tidak terserap. DAK Dinas Lingkungan Hidup (LH) salah satu yang banyak tidak terserap.

Terkait hal ini, Bupati Merangin Al Haris mengatakan bahwa bawahannya gagal dalam mengelola keuangan.

"Itu bagi saya sesuatu yang saya anggap gagal pejabatnya dalam mengelola keuangan. Itu di rumah sakit, LH, Arsip dan Koperindag," kata Haris, Rabu (24/7/2019).

"Karena dari Februari hingga Maret sudah diingatkan, DAK 2019 itu 22 Juli sudah kontrak. Tapi ada pejabat yang tidak mengidahkan, sehingga terjadi keterlambatan lelang perencanaan. Buntutnya terjadi perlambatan lelang fisiknya," ujarnya menambahkan.

Lebih lanjut, Haris menegaskan akan mengambil tindakan terhadap bawahannya yang gagal tersebut.

"Yang jelas saya berikan tindakan kepada mereka, saya lihat dulu dimana salahnya. Pasti saya akan ambil tindakan, orangnya sudah saya kantongi," tegasnya.

Haris juga mengakui keterlambatan disebabkan beberapa faktor diantaranya Merangin yang masing numpang dengan LPSE Provinsi Jambi.

"Kita akui juga kita masih numpang server di Jambi, LPSE provinsi Jambi, maka saya minta perubahan ini kita belikan perlengkapan itu, supaya kita bisa mandiri tidak numpang ditempat lain," sebutnya.

"Kalau numpang tempat lain resikonya ketika rame yang numpang karena ini jaringan semu orang tersambung ke jaringan itu, ketika jaringan itu terisi orang lain, kita tidak bisa menembus itu. Kita serimg lelang tidak ada yang nawar karena kita bergabung dengan orang," tambahnya lagi.

Terpisah, Kabid Berbendaharaan BPKAD Merangin Darhimah mengatakan, ada 11 OPD yang menerima DAK 2019 yakni Dinas PUPR, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kesehatan, RSD Kol Abundjani, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.

Selain itu, Dinas Lingkungan Hidup Merangin, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Parpora, Dinas Perikanan, Dinas Koperasi,Usaha Kecil dan Menengah, Perdagangan dan Perindustrian, Dinas Arsip dan Perpustakaan.

"Pagu anggaran DAK Fisik tahun 2019 untuk Kabupaten Merangin nilainya mencapai sebesar 138 miliar," kata Darhimah.


Penulis: Andi Kurniawan
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments