Selasa, 29 September 2020

Dinas Koperasi dan UKM Jambi Lakukan Reformasi Koperasi


Senin, 21 Januari 2019 | 08:37:17 WIB


Plt Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jambi Ilyas
Plt Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jambi Ilyas / Dok.metrojambi.com

JAMBI - Berbagai upaya dilakukan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Provinsi Jambi dalam mensejahterakan masyarakat. Salah satunya melalui program koperasi berprestasi berupa reformasi koperasi.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi Provinsi Jambi Ilyas mengatakan, tujuan dari reformasi koperasi tersebut yakni, merubah paradigma koperasi yang selama ini dalam bentuk kuantitas menjadi fokus bentuk koperasi berkualitas.

"Dengan target terlaksananya satu kecamatan satu koperasi berkualitas. Maka kuantitas kita kurangi tetapi kualitas kita tingkatkan," ujarnya, Minggu (20/1).

Kemudian, melakukan rehabilitasi koperasi dalam bentuk memperbaiki data-data koperasi ke dalam bentuk Online Data Sistem (ODS) di tiap kabupaten/kota se Provinsi Jambi.

"ODS tersebut mengidentifikasi jumlah koperasi-koperasi yang ada. Ini perlu dilakukan agar citra koperasi segera dapat dilihat dan masyarakat dapat mengetahui sebetulnya mana yang disebut sebagai sungguh-sungguh koperasi dan atau hanya koperasi abal-abal," paparnya.

Dengan demikian, lanjut Ilyas, maka akan dilakukan pengembangan dari koperasi dalam bentuk pembinaan, kemitraan, permodalan maupun manajemen koperasi yang baik.

Setiap kabupaten, Ilyas menyebut, telah dibantu adanya petugas konsultasi lapangan untuk memperoleh data real koperasi yang valid. "Saat ini terus bergerak dengan dibantu petugas konsultasi lapangan tersebut," ujar Ilyas.

Diketahui, untuk koperasi berprestasi tingkat Provinsi Jambi tahun 2018, perolehan juara 1, 2, 3, dan harapan 1 dengan kategori koperasi produsen di peroleh Koperasi Sumber Makmur dari Merangin, Koperasi Al-Hikmah dari Sarolangun, KUD Makmur Jaya dati Bungo, serta KUD Barokah dari Batanghari.

Sedangkan koperasi konsumen diperoleh Dharma Bhakti dari Bungo, KUD Sumber Rejeki dari Merangin, KUD Makarti dari Muaro Jambi, KUD Bina Usaha dari Tanjung Jabung Barat. Kemudian, koperasi Simpan pinjam diperoleh KPN Guru SD dari Kerinci, KPN Wajar dari Kota Jambi, KSP Graha Artha Prima dari Sarolangun, dan KPN Bakti Husada dari Batanghari.

Selanjutnya kategori koperasi jasa diperoleh KPN Sehati RSUD dari Sungai Penuh, Benteng Kurung dari Tebo, Citra Makarti dari Bungo, dan Koperasi Wanita Mandiri dari Tanjung Jabung Timur.

Untuk kategori koperasi Serba Usaha diperoleh Primkop Kartika Alam Sakti dari Sungai Penuh, KUD Bhakti Pamesun dari Bungo, Koperasi SMU Titian Teras dari Muaro Jambi dan koperasi Wanita Kartini dari Tanjung Jabung Timur.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments