Selasa, 29 September 2020

Besok Pagi, Sidang Paripurna Pembacaan Keppres Pemberhentian Zola


Senin, 21 Januari 2019 | 23:29:13 WIB


Zumi Zola
Zumi Zola / dok.metrojambi.com

JAMBI - Keputusan Presiden (Keppres) RI  No 7/P tahun 2019 tentang pengesahan pemberhentian Gubernur Jambi masa jabatan 2016-2021 besok (Selasa, 22/1) dibacakan. Sekretaris Dewan (Sekwan) Provinsi Jambi akan membacakan Kepres tersebut di hadapan tamu undangan dan anggota DPRD Provinsi Jambi pada rapat paripurna pukul 10.00 WIB.

Sekretaris Dewan (Sekwan) Provinsi Jambi Emi Nopisah ketika dikonfirmasi mengatakan, jadwal paripurna sudah ditetapkan, dan akan berlangsung seperti paripurna biasanya. Dengan tamu undangan seperti agenda paripurna biasa.

"Paripurnanya ada dua agenda. Pertama pengumuman pemberhentian Gubernur Zumi Zola, kemudian pengusulan Plt Gubernur Jambi menjadi Gubernur Jambi defenitif. Kepresnya nanti saya yang bacakan, sebagai pengumunan. Kemudian tamu undangan kepala OPD, organisasi masyarakat, sama seperti undangan paripurna biasa. Tidak ada undangan dari daerah lain atau bupati dan walikota," tuturnya, Senin (21/1).

Agenda paripurna ini sendiri, dijadwalkan ulang dari semula direncanakan pada 14 Januari lalu. Namun, karena Keppres lambat keluar, maka paripurna diagendakan besok pagi.

Sementara Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi AR Syahbandar yang memimpin rapat Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Provinsi Jambi mengatakan dalam rapat itu sudah ditetapkan agenda paripurna pemberhentian Zumi Zola ini.

"Memang sudah kami rapatkan di Banmus, besok paripurna pemberhentian Zumi Zola sekaligus pengusulan Fachrori Umar menjadi gubernur defenitif. Agendanya dua itu saja," bebernya.

Syahbandar juga mengatakan untuk tahapan-tahapan berikutnya, sambi berjalan saja. Pihaknya tidak mengetahui apakah Fachrori akan dilantik dalam waktu dekat atau tidak. Kalau itu surat dari Kementerian masih di meja Ketua DPRD Provinsi Jambi," ujarnya.

Senada dengan Sekwan, Syahbandar mengatakan paripurna tersebut dilaksanakan seperti paripurna biasa. Tidak ada seremonial lain dalam agenda tersebut. Namun dia berharap, bupati dan walikota ikut diundang menghadiri paripurna itu. Karena ini berkaitan dengan Gubernur Jambi.

Terkait dengan pengusulan Wakil Gubernur yang akan mendampingi Fachrori nanti, Syahbandar mengatakan tidak ada dalam agenda paripurna hari ini. Sebab, pengusulan Wakil Gubernur nanti menjadi hak partai pengusung yang kemudian dipilih oleh Fachrori sebagai gubernur Jambi.

"Teknisnya bagaimana, ya kita tunggu saja. Yang jelas, biasanya usulan lebih dari satu nama, kemudian Gubernur yang memilih," tandasnya.


Penulis: Rina
Editor: Herri Novealdi


TAGS:


comments