Rabu, 20 Oktober 2021

Kembangkan 4 Program Unggulan Selama Jadi Kepala SMP Muhammadiyah I Jambi

Rabu, 23 Januari 2019 | 10:24:03 WIB


Kepala SMP Muhammadiyah I Kota jambi, Aldi Mawardi, saat memperlihatkan fasilitas sekolah yang dibenahi.
Kepala SMP Muhammadiyah I Kota jambi, Aldi Mawardi, saat memperlihatkan fasilitas sekolah yang dibenahi. / Jainal Abidin

JAMBI- Setelah ditunjuk jadi Pelaksana (Plt) Kepala SMP Muhammadiyah I Kota Jambi, 5 November 2018 lalu melalui SK pengangkatan Majelis Dikdasmen PDM Muhammadiyah Kota Jambi, Aldi Mawardi langsung menjalankan tugasnya 8 November.

Bahkan dirinya langsung bergerak dengan menyiapkan program kerja yang nantinya dijalankan selama memimpin di sekolah tersebut agar semakin baik dan dikenal masyarakat luas dengan empat program unggulan sekolah.

"Pertama program saya meningkatkan kedisiplinan warga sekolah," ujar Aldi Mawardi, Rabu (23/1).

Menurutnya kedisiplinan warga sekolah bukan hanya untuk siswa, namun para guru juga harus disiplin dalam menjalankan tugas.

Kalau siswa datang dan pulang sekolah serta mentaati aturan di sekolah, para guru harus loyal dan disiplin dalam bekerja sesuai jadwal dan aturan.

"Kalau melanggar diberikan teguran atau sanksi," tegasnya. Kemudian program kedua sekolah akan menerapkan dan mengoptimalkan kebersihan lingkungan sengan budaya memungut dan membuang sampah pada tempatnya yang dinilai selama ini para siswa kurang kesadaran dalam membuang sampah sehingga, suka membuang sampah bekas makanan atau minuman di sembarang tempat.

"Upaya sekolah memperbanyak tempat sampah," paparnya.Sekolah juga mulai menerapkan kegiatan literasi setiap harinya dengan memanfaatkan jadwal 15 menit sebelum kegiatan belajar di kelas, dan lebih utama selain literasi membaca buku umum dan pelajaran, para siswa juga di haruskan literasi membaca Al Quran sebagai bentuk dukungan sekolah agar siswa lancar membaca Al Quran dengan baik dan benar.

"Kegiatan literasi Selasa hingga Jumat, karena Senin upacara dan Sabtu senam bersama," imbuhnya.

Selanjutnya program terakhir, dirinya menyebutkan, sekolah terus mulai benahi fasilitas dan sarana prasarana sekolah mulai lingkungan depan kelas seperti pagar dan teralis pintu, bangku dan meja siswa dan guru yang kurang layak dibenahi.

"Serta manfaatkan ruangan BK dan OSIS yang selama ini terabaikan," tandasnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments