Rabu, 13 November 2019

Kemenpan Buka Rekrutmen CPNS 2019, Husairi: Jambi Belum Terima Informasi Resmi


Rabu, 23 Januari 2019 | 14:43:01 WIB


Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jambi, Husairi
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jambi, Husairi / istimewa

JAMBI - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) akan kembali membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada Maret 2019 mendatang. Jumlah lowongan CPNS yang disediakan mencapai 100 ribu formasi.

Hal tersebut disampaikan Menpan RB, Syafruddin usai rapat evaluasi penerimaan CPNS tahun 2018 bersama Komisi II DPR, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (22/1).

Selain itu, rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) atau P3K juka akan  dibuka dalam waktu dekat ini. Seperti yang disampaikan oleh Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana bahwa untuk rekrutmen pertama ini adalah pendaftaran tahap awal.

Di mana formasi PPPK atau P3K yang akan diserap adalah tenaga di bidang pendidikan, kesehatan, dan penyuluh pertanian. Bima juga memastikan rekrutmen pada tiga sektor formasi tersebut diprioritaskan bagi tenaga honorer yang sebelumnya sudah bekerja di sana.
Terkait hal itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jambi Husairi menyebut informasi resmi CPNS 2019 belum ada diterima pihaknya.

"Isunya memang betul, tapi kami juga belum menerima surat resminya jadi nanti khawatir salah," ujarnya via sambungan telepon, Rabu (23/1).

Yang jelas, kata Husairi, untuk rencana bulan Maret nanti perihal SK hasil tes CPNS 2018 lalu keluar, sebab di akhir Februari mendatang berkas sudah tuntas.

"Sehingga 1 Maret 2019 merupakan hasil pasti pengumuman SK CPNS 2018, itu terakhir informasi yang kami terima," tuturnya.Sedangkan untuk gambaran formasi sendiri, Husairi menyebut akan mengikuti instruksi maka siap sesuai dengan kebutuhan.

"Jika sudah diinstruksikan ya kami siap aja karena memang butuh dan jauh kurangnya, namun kita juga harus sesuaikan pula berapa ASN yang pensiun dan kondisi keuangan daerahnya (kabupaten/kota, ed)," jelas Husairi. Disampaikannya bahwa khusus di Provinsi Jambi, rata-rata antara 300-350 orang ASN yang pensiun.

 "Jadi untuk kebutuhan formasi jika adanya CPNS lagi nanti ya disesuaikan dengan rata-rata itu, kita tunggu saja informasi selanjutnya," tandasnya.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments