Selasa, 17 September 2019

Jelang Lebaran, Bulog Siapkan 34 Ton Daging Beku


Sabtu, 25 Mei 2019 | 11:11:38 WIB


Kepala Perum Bulog Divre Jambi Bachtiar
Kepala Perum Bulog Divre Jambi Bachtiar / istimewa

JAMBI - Perum Bulog Divre Jambi telah menyiapkan 34 ton daging beku sebagai persiapan menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1440 H. Hal itu dilakukan seiring meningkatnya animo masyarakat Jambi dalam mengkonsumsi daging beku.

Kepala Perum Bulog Divre Jambi Bachtiar mengatakan permintaan daging beku akan mengalami peningkatan pada H-2 hingga H-1 lebaran.

"Sesuai prediksi dan pengalaman tahun lalu, ini sudah mencukupi. Namun seandainya masih kurang maka tidak menutup kemungkinan dilakukan permintaan penambahan," tuturnya saat dijumpai awak media, Jumat (24/5/2019).

Jika dibandingkan tahun sebelumnya, Bachtiar menyebut persediaan daging beku tahun ini jumlahnya lebih banyak. Pada lebaran tahun lalu, Bulog berhasil menjual daging beku di Provinsi Jambi hampir mendekati 30 ton.

"Ini juga tidak terlepas dari upaya sosialisasi yang sudah kita lakukan. Bahwa daging beku ini secara perlahan sudah mulai diminati oleh masyarakat. Karena memang dagingnya dismaping higinis, halal, dan cukup murah pastinya," sampainya.

Selanjutnya, daging beku dari Bulog sendiri dijual dengan harga eceran tertinggi (HET) seharga Rp 80 ribu perkilogram sampai ke konsumen. Namun Bulog bisa menjual dibawah angka tersebut kepada mitra yang ingin ikut menjual kembali daging tersebut.

Disampaikan Bachtiar, saat ini Bulog Divre Jambi memiliki kurang lebih 800 mitra rumah pangan kita (RPK) atau outlet yang menjual produk-produk pangan Bulog di wilayah kota Jambi. Namun tidak semuanya menjual daging beku, dimana yang menjual daging beku baru sekitar 20 persen, karena minimnya ketersediaan cool box.

"Karena memang syarat menjual daging beku itu harus ada cool box atau freezer untuk menyimpan daging. Sebab daging beku harus dijual dalam keadaan beku, tidak seperti daging segar yang digantung begitu saja," bebernya.

Sementara itu, untuk Operasi pasar khusus daging beku akan dilakukan Bulog pada H-2 lebaran, dengan bekerja sama dengan Dinas Peternakan Kota Jambi di beberapa titik di Kota Jambi.

"Persiapannya sudah kita bicarakan bersama, baik teknis maupun lokasi. Dan Insyaallah itu akan berjalan dengan baik," pungkasnya.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments