Minggu, 29 Maret 2020

ASN Pemkab Merangin Diminta Patuhi Perda Kawasan Bebas Asap Rokok


Kamis, 24 Januari 2019 | 17:14:07 WIB


Ketua DPRD Merangin, Zaidan Ismail
Ketua DPRD Merangin, Zaidan Ismail / Istimewa

MERANGIN - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Merangin Zaidan Ismail meminta agar pemerintah daerah tegas dalam menegakkan Peraturan Daerah (Perda), khususnya mengenai kawasan bebas asap rokok.

Permintaan ini disampaikan Zaidan karena masih banyak Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Merangin yang merokok di ruang kerja. Seharusnya, kata Zaidan, ASN dapat memberikan contoh kepada masyarakat umum, agar tidak merokok di sembarang tempat.

Zaidan juga menyebut jika pemerintah daerah telah menyediakan ruangan khusus untuk merokok, dengan menggunakan dana APBD Merangin. Namun setelah Perda mengenai kawasan bebas asap rokok tersebut disahkan, Zaidan mengatakan tidak ada aturan yang diberlakukan untuk menegur ASN yang merokok di sembarang tempat.

“Seharusnya Perda yang sudah ada itu ditegakkan. Untuk apa disahkan jika tetap dilanggar. Saya kita kesadaran ASN untuk mematuhi Perda tersebut harus ditingkatkan,” kata Zainda, Kamis (24/1).

Dikatakannya lagi, Perda kawasan bebas asap rokok tersebut sudah beberapa tahun lalu disahkan. Namun, sistem penegakan Perda sampai saat ini tidak dijalankan. Untuk itu, dirinya berharap pemerintah dapat mengambil sikap.

"Kan ada sanksi, maka sanksi itu yang ditegakkan kepada yang melanggar apalagi merokok di dalam ruangan, khususnya ruangan untuk melayani masyarakat dan publik. Sehingga ada efek jeranya," kata Zaidan.

Politisi PDI Perjuangan ini juga menyebutkan pemerintah harus tegas untuk mengingatkan ASN yang bernaung dibawah Pemkab Merangin. Jika ada yang melanggar perlu diberi sanksi kepada pelaku.

"Kalau untuk mereka yang di OPD itu atasannya yang sebenarnya menghimbau. Kan yang menegakkan Perda inikan pemerintah, jadi mereka yang harus menegakan dan menghimbau," pungkasnya.


Penulis: Andi Kurniawan
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments