Rabu, 30 September 2020

Dipo Ilham Terancam 1 Tahun Penjara Jika Terbukti Lakukan Pidana Pemilu


Minggu, 27 Januari 2019 | 21:42:03 WIB


Dipo Ilham
Dipo Ilham / istimewa

SAROLANGUN - Perkara dugaan tindak pidana Pemilu oleh Caleg DPR RI dari PAN, Dipo Ilham, saat tengah disidik oleh penyidik Polres Sarolangun. Hal ini berkaitan dengan dugaan melakukan kampanye yang mengikutsertakan perangkat desa.

Devisi hukum Bawaslu Sarolangun, Mudrika saat dikonfirmasi mengatakan, dugaan pelanggaran tindak pidana Pemilu sudah dilimpahkan ke Polres Sarolangun pada 17 Januari 2019.  

Penanganan penyidikan akan dilakukan selama 14 hari oleh penyidik Polres Sarolangun sejak dilimpahkan. "Untuk saat ini belum bisa membuktikan salah atau benar, tapi pihak Pengadilan Negeri Sarolangun yang akan memutuskan," ujarnya belum lama ini.

Namun dia mengatakan, jika terbukti maka terlapor terancam kurungan penjara selama satu tahun dan denda Rp 12 juta. "Kalau terbukti tidak menutup kemungkinan di diskualifikasi pencalegannya, itu tergantung putusan pengadilan, selanjutnya KPU yang mengambil kebijakan dan keputusan, setelah putusan pengadilan," kata Mudrika.

Sebelumnya, Ketua Bawaslu Sarolangun mengatakan, bahwa laporan ini atas temuan dari Panwas desa dan kelurahan. Temuan yang dimaksud sebut Edi, terjadi di Desa Batu Putih Kecamatan Pelawan Kabupaten Sarolangun beberapa waktu lalu. Dan kini prosesnya sudah memasuki proses penyidikan atau tahap dua.

Namun terkait hal ini, jelas Edi, pihaknya tetap melakukan pengawasan dan mendampingi pihak Polres Sarolangun dalam proses penyidikan ini.  “Panwaslu tetap mengawasi dan mendampingi pihak Polres. Dan sidangnya nanti tahap tiga setelah pelimpahan,” ujarnya.


Penulis: Luncai Hendri
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments