Kamis, 1 Oktober 2020

KPU Kerinci Temukan Indikasi Ada Ribuan Pemilih Ganda


Senin, 28 Januari 2019 | 07:54:15 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

KERINCI - Daftar Pemilih Tetap (DPT) Hasil Perbaikan (DPTHP) 2 telah ditetapkan dan telah diumumkan di masing-masing desa, termasuk di Kabupaten Kerinci. Namun, masih ditemukan indikasi pemilih ganda.

Bahkan data indikasi pemilih ganda yang didapat dari KPU kabupaten Kerinci setelah ditetapkan DPTHP 2 beberapa waktu lalu mencapai sekitar 4 ribuan.

Komisioner KPU Kerinci, Afdal, mengatakan setelah DPTHP 2 ditetapkan pihaknya telah melakukan monitoring dan evaluasi di tingkat penyelenggara bawah. Hasilnya masih ditemukan ada indikasi kegandaan.

"Sudah kita melakukan percematan dan data-data tersebut itu sudah kita pilah-pilah, dan datanya sudah kita laporkan kepada KPU Provinsi," ujarnya, Minggu (27/1).

Sedangkan untuk melakukan verifikasi ulang terhadap indikasi pemilih ganda tersebut, pihaknya sedang menunggu instruksi dari KPU RI, karena untuk proses tahapan pencoretan tidak sudah selesai.

"Tahapan pencoretan sudah tidak ada lagi, maka kami menunggu dari KPU RI. Kalau KPU RI mempersilahkan untuk melakukan pencoretan kita akan coret nantinya. Tapi tidak menutup kemungkinan ada DPTHP 3 menjelang hari pemilihan nantinya," katanya.

Ditanya jumlah indikasi kegandaan pemilih? Kata Afdal, dari hasil percermetan saat ini ada indikasi pemilih ganda sekitar 4 ribuan, namun hal tersebut masih indikasi.

"Misalnya kegandaannya namanya sama, tempat tanggal lahir sama NIK-nya berbeda, bisa jadi orangnya berbeda. Tapi untuk kebenaranya dibutuhkan verifikasi turun kelapangan, itu sedang kita tunggu dari KPU RI," pungkasnya.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments