Sabtu, 7 Desember 2019

Kasus RD Segera Dilimpahkan ke Kejaksaan, Polisi: Statusnya Kalian Sudah Tahu


Jumat, 01 Februari 2019 | 23:01:55 WIB


Rahmad Derita
Rahmad Derita / dok.metrojambi.com

JAMBI - Kasus dugaan pidana pemilu dengan terlapor Calon Legislatif (Caleg) DPR RI dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Rahmad Derita, akan dilimpahkan penyidik ke pihak Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jambi.

Rencana pelimpahan ini dilakukan setelah Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) dari Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan melakukan pembahasan tahap III, hasil penyidikan penyidik Gakkumdu Polda Jambi.

AKPB Kristian selaku tim dari Sentra Gakkumdu, mengatakan, pihaknya bersama dengan kejaksaan dan Bawaslu membahas kasus ini apakah bisa dilanjutkan atau tidak.

Hasil pembahasan bersama itu, pihaknya sepakat untuk melimpahkan kasus ini kepada kejaksaan. "Berdasarkan hasil penyidikan, kami limpahkan kepada kejaksaan," katanya usai pembahasan, Jumat (1/2) kemarin.

Ketika ditanya status dari RD sendiri, AKPB Kristian tidak menyebutkan dengan jelas, apakah RD berstatus tersangka atau tidak.

Namun dirinya menyebutkan, ketika sudah dilakukan penyidikan semuanya sudah tahu apa statusnya. "Kalian pasti tahu statusnya apa," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Provinsi Jambi, Asnawi, ketika dikonfirmasi menolak untuk memberikan keterangan, karena itu bukan merupakan kewenangan Bawaslu lagi. "Silakan tanyakan dengan penyidik," kata singkat.

Untuk diketahui, mantan Kadis Pendidikan Provinsi Jambi ini diperiksa oleh penyidik terkait dugaan pelanggaran pemilu yang dilakukannya di beberapa sekolah dalam Provinsi Jambi, seperti di Batanghari dan Kota Sungai Penuh.


Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments