Rabu, 20 Maret 2019

Caleg PKS Dapil Kerinci-Sungai Penuh Terancam Dicoret


Rabu, 06 Februari 2019 | 09:20:18 WIB


Pimpinan Bawaslu Provinsi Jambi Wein Arifin
Pimpinan Bawaslu Provinsi Jambi Wein Arifin / Dok.metrojambi.com

JAMBI – Calon Legislatif (Caleg) dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ruslan HS terancam dicoret dari daftar calon tetap (DCT) anggota DPRD Provinsi Jambi.

Ruslan diadukan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jambi, atas dugaan pelanggaran administrasi terhadap proses pencalonan dirinya sebagai Caleg dari dapil Kerinci-Sungai Penuh.

Sidang perdana dugaan pelanggaran administrasi ini telah dimulai Senin (4/2) lalu, yang dipimpin oleh Ketua Bawaslu Provinsi Jambi Asnawi.

“Sidang ini merupakan untuk pelanggaran administrasi dengan dugaan yang bersangkutan masih terdaftar sebagai ASN di Kementerian Agama,” ujar pimpunan Bawaslu Provinsi Jambi Wein Arifin, Selasa (5/2).

Wein menjelaskan, jika perkara ini merupakan temuan dari jajaran Bawaslu Kabupaten Kerinci. Namun perkaranya diambil alih oleh Bawaslu Provinsi. “Karena yang bersangkutan Caleg Provinsi Jambi jadi kita ambil alih,” katanya.

Dalam sidang awal kata Wein, telah disampaikan alat bukti oleh Bawaslu Kerinci. Dari fakta sidang, diketahui jika Ruslan HS masih aktif dan terdaftar sebagai ASN. “Tinggal nanti proses pembuktian,” ujarnya.

Selanjutnya, pada saat sidang pembuktian nanti Bawaslu akan menghadirkan dan memeriksa sejumlah saksi dan ahli. “Termasuk dari terlapor dan pelapor,” pungkas Wein.


Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments