Minggu, 26 September 2021

Disperindag Provinsi Jambi Temukan Sejumlah Makanan Tanpa Merek

Senin, 04 Februari 2019 | 14:47:38 WIB


Jelang Imlek, Kepala Dinas Perindag Provinsi Jambi, Ariansyah saat Sidak penjualan makanan di pasar Hongkong.
Jelang Imlek, Kepala Dinas Perindag Provinsi Jambi, Ariansyah saat Sidak penjualan makanan di pasar Hongkong. / Rina/Metrojambi.com

JAMBI - Sehari jelang Tahun Baru Imlek 2570, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jambi mengadakan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah toko yang berada di kawasan Pasar Hongkong, Kecamatan Jelutung, Kota Jambi.

Kepala Disperindag Provinsi Jambi Ariansyah, didampingi Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan Konsumen dan Tertib niaga (PKTN) Zidni Aisyah, serta petugas kepolisian mendapatkan sejumlah makanan ringan dalam kemasan yang dibuat dari pabrikan yang tidak dilengkapi dengan merek, izin edar, serta jangka waktu kadaluarsa..

"Ada merek, tapi hanya di kotak besar, tidak di dalam setiap kemasan makanan. Kita meminta untuk menarik selagi itu belum dibuat brand-nya, label itu kewajiban," ujar Ariansyah.

Pantauan di lapangan, Ariansyah mengambil tindakan persuasif dengan meminta pelaku usaha untuk menarik kembali makanan tersebut agar tidak dijual kepada masyarakat.

"Kita suruh pelaku usahanya amankan barang untuk tidak dijual, sebelum dibuat brand-nya, izin edarnya dan kadaluarsanya," jelasnya.

Nantinya setelah diperingatkan, jika para pedagang masih juga menjual barang yang tidak sesuai dengan ketentuan. Disampaikan Ariansyah, pihaknya akan menyita barang-barang tersebut.

"Kalau masih dijual kita sita. Tadikan kita sudah peringatkan secara persuasif, mereka sendiri yang menarik. Saya harap mereka juga yang memasang labelnya sendiri," tuturnya.

Ariansyah menyebut barang yang ditarik dari peredaran jual beli merupakan makanan seperti kacang-kacangan yang dibuat dari pabrikan yang diimpor dari China.

"Saya menyarankan para pelaku usaha mengambil makanan pada UKM di Jambi. Karena sudah lengkap, ada izin labelnya, izin edarnya hingga tertera jelas kadaluarsanya," paparnya.

Ia menambahkan bahwa kegiatan sidak ini merupakan salah satu tugas Disperindag Provinsi Jambi untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada konsumen dalam rangka Gong Xi Fa Cai 2019.

"Saya berharap masyarakat dapat lebih jeli untuk membeli barang," tandasnya.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments