Jumat, 22 November 2019

Dinas PUPR Provinsi Jambi Segera Uji Coba Penggunaan Aspal Karet


Kamis, 07 Februari 2019 | 14:17:56 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi akan memanfaatkan karet sebagai bahan campuran aspal untuk pembangunan jalan-jalan di daerah itu dan akan di ujicobakan penggunaan aspal karet tersebut.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi, M Fauzi, di Jambi, mengatakan, pembangunan jalan dengan aspal karet saat ini masih tahap koordinasi pada setiap leading sektor baik di Dinas PUPR dan Badan Penelitian Pembangunan Daerah (Balitbangda) untuk menentukan lokasi mana yang nanti akan dilakukan uji coba penggunaan aspal karet tersebut.

Ia menambahkan, anggaran untuk uji coba pengaspalan jalan menggunakan campuran karet sekitar Rp600 juta, tetapi lokasinya belum tentukan karena masih dalam koordinasi.

"Untuk anggaran uji coba sudah disiapkan dengan Balai Jalan juga kita koordinasi karena anggaran di Balai Jalan lebih besar dimana penggunaan aspal karet itu masih baru dan di Jambi belum ada kontraktor yang punya itu dan tentu ini yang perlu kita lakukan koordinasi," jelasnya.

Dalam uji coba nantinya, lanjutnya tentu akan dipilih jalan yang padat lalu lintas dan padat penduduk, sehingga diketahui hasil dan kualitas dari pengunaan aspal bercampur karet tersebut.

"Rencananya di jalan dua jalur, nantinya sebelah dengan aspal biasa, sebelah dengan aspal campuran karet, sehingga dapat kita bandingkan kualitas dari aspal tersebut dan hasilnya tampak," kata Fauzi.

Penggunaan aspal karet itu telah disampaikan Kementerian PUPR terkait keunggulannya antara lain lebih lentur dan meningkatkan kualitas aspal dalam hal usia dan ketahanan terhadap air.

Tujuan dari penggunaan karet untuk campuran aspal itu salah satunya untuk menyerap produksi karet petani lokal maupun nasional sehingga harga semakin baik dan petani terus bertahan menanam karet.


Penulis: ***
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments