Rabu, 24 April 2019

Dua Desa di Batanghari Dilanda Banjir, Puluhan Rumah Terendam


Jumat, 08 Februari 2019 | 22:55:43 WIB


Meluapnya air Sungai Terentang menyebabkan puluhan rumah di dua desa yang berada di Kecamatan Batin XXIV, Kabupaten Batanghari terendam banjir, JUmat (8/2)
Meluapnya air Sungai Terentang menyebabkan puluhan rumah di dua desa yang berada di Kecamatan Batin XXIV, Kabupaten Batanghari terendam banjir, JUmat (8/2) / metrojambi.com

MUARABULIAN – Banjir sekira pukul 06.30 WIB, Jumat (8/2), melanda Desa Terentang Baru dan Desa Jangga Baru, Kecamatan Batin XXIV, Kabupaten Batanghari. Akibatnya, puluhan rumah warga di dua desa tersebut terendam banjir.

Informasi yang diperoleh metrojambi.com, banjir disebabkan oleh intensitas hujan yang cukup tinggi pada Kamis (7/2) malam. Akibatnya, air Sungai Terentang menjadi meluap.

"Bukan hanya desa saya, desa tetangga juga kena banjir akibat meluapnya air Sungai Terentang. (Yang meluap, red) ini baru sungai yang kecil, masih ada sungai yang agak besar,” ujar Nia, warga Desa Terentang Baru saat dikonfirmasi.

“Sebelumnya juga pernah terjadi bnjir. Kalau hujan deras, ya begini jadinya. Mudah-mudahan tidak turun hujan lagi,” katanya menambahkan.

Sementara itu, Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batanghari Yahya Mulia saat dikonfirmasi mengatakan, Jumat (8/2) sore, air yang menggenangi rumah warga sudah mulai surut.

Yahya menyebutkan, di Desa Terentang Baru ada 20 unit rumah warga di tujuh RT yang terdampak banjir. Rinciannya, 3 rumah di RT 02, 8 rumah di RT 06, 3 rumah di RT 08, 2 rumah di RT 16, 1 rumah di Rt 13, 2 rumah di RT 21, dan 1 rumah di RT 22.

“Tidak hanya rumah warga, pasar, TK, dan Polides juga terendam banjir,” ungkap Yahya.

Adapun di Desa Jangga Baru, Yahya mengatakan ada 10 rumah yang terendam banjir. Rinciannya, 5 rumah di RT 01, 2 rumah di RT 02, 2 rumah di Rt 03, dan 1 rumah di RT 06.

“Kita telah melakukan evakuasi sementara. Dan telah menghimbau kepada masyarakat setempat untuk tidak bermain air untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” pungkasnya.


Penulis: Chy
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments