Selasa, 23 Juli 2019

Waspada DBD Mewabah, Headline Harian Pagi Metrojambi Edisi Jumat 08 Februari 2019

30 Kasus Ditemukan di Tebo

Jumat, 08 Februari 2019 | 10:38:43 WIB


/ istimewa

TEBO – Musim hujan yang terjadi saat ini, membuat pertumbuhan jentik nyamuk penyebab Demam Berdarah Dengue (DBD) kian pesat. Ini karena, sejumlah tempat-tempat penampungan air, seperti barang bekas, kini dipenuhi jentik-jentik nyamuk, termasuk nyamuk penyebab DBD.

Kasus DBD sendiri terus terjadi disejumlah daerah, termasuk di Provinsi Jambi. Seperti di Tebo, dinas kesehatan setempat menemukan sejak Januari hingga awal Februari 2019 ini, sudah ada 30 kasus warga terserang DBD.

Penyakit mematikan ini mulai mewabah di sejumlah wilayah Kabupaten Tebo. “Dari data yang kita rangkum, sejak Januari hingga Februari ini ada 30 kasus DBD di Tebo,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Tebo, dr Riana Elizabeth, kemarin.

Meski tidak menjelaskan secara spesifik, Riana mengaku bahwa kasus DBD terbanyak berada di Desa Mangun Jayo, Kecamatan Tebo Tengah. "DBD mewabah di beberapa desa, namun yang paling banyak di Desa Mangun Jayo," ungkapnya.

Biasanya, lanjut Riana, warga yang terserang DBD tersebut kurang menyadari bahwa dirinya terserang DBD dan hanya merasakan demam panas. Biasanya juga kasus tersebut baru diketahui setelah mendapatkan perawatan medis.

"DBD sering sekali tidak disadari warga, karena banyak kasus warga hanya merasa demam panas biasa, tapi setelah dilakukan penanganan medis baru diketahui ternyata terkena DBD," katanya.

Baca selengkapnya di Harian Pagi Metrojambi


Penulis: lea/hin
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments