Rabu, 24 April 2019

Bawaslu Jambi Dalami Kasus Kades Muhajirin


Sabtu, 09 Februari 2019 | 11:47:23 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) masih mendalami dugaan pelanggaran yang dilakukan Kepala Desa (Kades) Muhajirin, Kabupaten Muaro Jambi, saat kunjungan Cawapres Sandiaga Salahudin Uno ke desanya beberapa waktu lalu.

Pimpinan Bawaslu Provinsi Jambi Wein Arifin mengatakan, untuk mendalami temuan itu pihaknya telah memanggil sejumlah pihak terkait untuk dimintai klarifikasi.

Wein menjelaskan, ada tiga hal yang menjadi temuan dalam kegiatan kunjungan tersebut. Pertama dugaan keikutsertaan Kades, kontrak politik dan kehadiran sejumlah anak-anak di bawah umur.

“Beberapa waktu terakhir, Bawasu Muarojambi sedang melakukan klarifikasi terhadap pihak-pihak terkait,” ujarnya, Sabtu (9/2).

Selain itu, mereka juga telah meminta klarifikasi dari Kades peserta yang hadir, salah satunya adalah Caleg yang menjadi pelaksana kampanye. “Kami juga mengklarifikasi KPU sebagai pihak terkait untuk memberikan keterangan,” jelasnya.

Wein mengatakan beberapa waktu ke depan pihaknya berencana akan melakukan pembahasan kasus ini. “Apakah ini memenuhi unsur pidanan atau tidak. Jika memenuhi unsur pidana, maka akan masuk ke tahap penyidikan,” tuturnya.

Dalam temuan itu, Wein mengaku pihaknya akan lebih focus pada dugaan keterlibatan Kades. “Tindak pidana itu materi yang diberikan bisa uang. Apakah janji politik atau program-program kerja itu masuk materi atau tidak. Sementara janji itu tidak bisa diuangkan,” tandasnya.


Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments