Jumat, 15 November 2019

Dandim 0419/Tanjab Harap Dukungan Pemda Agar Danau Jabung di Kuala Dasal Menjadi Destinasi Wisata


Sabtu, 15 Juni 2019 | 13:57:04 WIB


Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0419/Tanjung Jabung, Letkol Inf. M Arry Yudistira
Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0419/Tanjung Jabung, Letkol Inf. M Arry Yudistira / istimewa

JAMBI - Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0419/Tanjung Jabung, Letkol Inf. M Arry Yudistira, menyambut positif dan berharap dukungan pemerintah daerah dan seluruh komponen masyarakat tentang adanya rencana pembangunan kawasan Danau Jabung di Desa Kuala Dasal, Kecamatan Tungkal Ulu, Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

"Potensi wisata yang dimiliki Tanjung Jabung Barat sebenarnya tidak kalah dengan daerah-daerah lain. Banyak tempat-tempat yang masih bisa dikembangkan. Seperti halnya Danau Jabung yang dapat dioptimalkan untuk berbagai jenis wisata seperti wisata air. Pertumbuhan wisata selain bisa mengenalkan Tanjung Jabung Barat, juga bermanfaat untuk meningkatkan kapasitas ekonomi rakyat," tutur Arry Yudistira, Sabtu (15/06/2019).

Untuk mewujudkan itu, Arry mengharapkan dukungan dari pemerintah daerah terhadap masyarakat dengan cara bersinergi sehingga dapat menjadikan Danau Jabung sebagai destinasi wisata nasional.

"Harapan kita bersama agar seluruh komponen masyarakat didukung oleh pemerintah daerah bisa saling bersinergi untuk mewujudkan Danau Jabung sebagai salah satu destinasi wisata nasional," ujar Arry.

Sebelumnya, Pran Susanto, kepala Desa Kuala Dasal menuturkan bahwa Danau Jabung yang memiliki luas 2000 meter itu akan mendapat bantuan dari dana CSR (Corporate Social Responsibility) PT WKS serta didukung penuh oleh Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

"PT WKS sudah sepakat dan membantu untuk mempercantik danau Jabung, tahap pertama ini akan Membuat jalan dan penerangan. Jarak dari jalan utama itu hanya 100 meter ke lokasi danau. Saya juga sudah memboyong pihak Kemendes dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Tanjung Jabung Barat, melihat langsung. Sejak tahun 2017 telah menjadi Danau Suaka Jabung," terang Pran.

Pran juga menyatakan warga sangat berharap untuk merealisasikan pembangunan Danau Jabung. "Pemerintah kabupaten siap membantu, segala sesuatu itu menyangkut pendanaan karena tidak semudah yang kita bayangkan, cukup banyak menelan biaya, pemkab Tanjab Barat siap dalam hal ini. Nanti akan dibangun bertahap, pada PT WKS dan Pemkab Tanjab Barat sangat diharapkan warga untuk merealisasikan pembangunan Danau Jabung," ungkap Pran.


Penulis: Muammar Solihin
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments