Rabu, 26 Juni 2019

Mahasiswa Universitas Adiwangsa Deklarasi Tolak Golput


Minggu, 10 Februari 2019 | 12:09:29 WIB


Mahasiswa Universitas Adiwangsa saat mendeklarasikan tolak golput pada Pemilu 2019, Sabtu (9/2)
Mahasiswa Universitas Adiwangsa saat mendeklarasikan tolak golput pada Pemilu 2019, Sabtu (9/2) / Metrojambi.com

JAMBI - Ratusan mahasiswa Universitas Adiwangsa yang berasal dari berbagai fakultas, seperti Fakultas Hukum, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Fakultas Kesehatan dan Farmasi, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Sabtu (9/2), mendeklarasikan diri tolak golput di Pemilu 2019.

Deklarasi ini merupakan inisiatif atau bentuk partisipasi kalangan mahasiswa yang menjadi bagian dari acara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Goes to Campus yang dilaksanakan di aula lantai 4 gedung Universitas Adiwangsa, Kota Jambi.

Komisioner KPU Provinsi Jambi Divisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat dan SDM Apnizal dalam sambutannya mengatakan, partisipasi masyarakat merupakan hal penting dalam penyelenggaaraan Pemilu.

Maka dari itu, KPU terus melakukan sosialisasi di semua basis-basis masyarakat, baik itu pemilih pemula, pemuda, keluarga, disabilitas, perempuan, marginal, netizen, dan sebagainya, untuk meningkatkan partisipasi pemilih dan juga menjadi pemilih cerdas.

Acara ini merupakan road show yang ketiga dari 10 rangkaian roadshow yang akan dilaksanakan KPU. Sebelumnya kegiatan seruoa ttelah dilaksanakan di Stikom dan STIE Muahammadiyah. Sosialisasi berikutnya akan dilaksanakan di Universitas Jambi (Unja) tanggal 14 dan di STIKBA tanggal 22 Februari ini.

Dalam setiap roadshow Goes to Campus KPU bekerja sama dengan Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi (KOPIPEDE), yang menjadi mitra dalam sosialisasi dan pendidikan pemilih.

Acara KPU Goes to Campus di Universitas Adiwangsa dihadiri langsung oleh Wakil Rektor 2 Ade Oktarino, Ketua Prodi Ilmu Hukum Lisda Fiorentina Berutu, serta para dosen.

Dalam sosialisasi ini menghadirkan nara sumber Apnizal sslaku komisioner KPU Provinsi Jambi. Ia menyampaikan sosialisasi surat suara, pindah milih dan simulasi pencoblosan.

Kemudian Ketua KOPIPEDE Provinsi Jambi Mochammad Farisi yang menyampaikan materi hakekat pemilu dan demokrasi.


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments