Kamis, 22 Agustus 2019

Murid SD Xaverius 2 Jambi Ikuti Pelatihan Jurnalistik


Senin, 11 Februari 2019 | 14:18:58 WIB


Murid SD Xaverius 2 Ikuti Pelatihan Jurnalistik
Murid SD Xaverius 2 Ikuti Pelatihan Jurnalistik / Jainal Abidin

JAMBI - Sebanyak 36 murid Sekolah Dasar (SD) Xaverius 2 Kota Jambi yang tergabung dalam kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik, 7 hingga 9 Februari 2019 lalu, mengikuti pelatihan jurnalistik yang diadakan pihak sekolah. Pihak sekolah juga menghadirkan pemateri dari Palembang yang telah berpengalaman di dunia media.

"Kita hadirkan Romo Frans De Sales untuk memberikan materi jurnalistik di sekolah," kata Kepala SD Xaverius 2, C. Mujito, Senin (11/2).

Menurut Mujito, para peserta mengikuti kegiatan tersebut dengan baik. Materi yang disampaikan Romo Frans dapat diterima dan dipahami para peserta.

Mujito juga mengatakan para siswa juga antusias memberikan pertanyaan ketika mengalami permasalahan atau materi belum dipahami. "Sehingga tidak ada materi jurnalis yang terlewatkan," ujarnya.

Dikatakannya lagi, kegiatan ini digelar untuk memberikan pengalaman langsung kepada peserta pelatihan. Tidak hanya memberikan materi di dalam kelas, peserta juga diajak belajar di lapangan dengan melakukan simulasi peliputan dan pembuatan sebuah berita.

"Jadi anak-anak belajar langsung bagaimana jadi jurnalis sungguhan," paparnya.

Lebih lanjut Mujito mengatakan, kegiatan ini juga bertujuan untuk menggerakan kegiatan literasi di sekolah agar anak didik dapat dan mampu menulis berita atau artikel. Kemudian belajar kreativitas dalam penulisan dan lebih bijak dalam menggunakan sosial media.

"Kita berharap anak-anak dapat mengambil ilmu yang diberikan dan mengaplikasikan secara mandiri, agar dapat menghasilkan karya tulis baik sebuah berita dan informasi," pungkasnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments