Kamis, 22 Agustus 2019

Kinerja 4 OPD Pemkot Sungai Penuh Dapat Nilai C


Senin, 11 Februari 2019 | 15:29:54 WIB


Evaluasi kinerja OPD pemkot Sungai Penuh
Evaluasi kinerja OPD pemkot Sungai Penuh / Dedi/Metrojambi.com

SUNGAIPENUH - Pemerintah Kota Sungai Penuh terus melakukan evaluasi terhadap kinerja setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di lingkungan Pemkot Sungai Penuh. Hari ini, Senin (11/2), hasil evaluasi kinerja triwulan IV tahun 2018 telah diserahkan langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Sungai Penuh Munasri, di sela-sela pelaksanaan apel kerja di lapangan kantor Walikota Sungai Penuh.

Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan oleh tim penilai kinerja, diketahui 38 OPD mendapat nilai A dengan simbol warna biru, dan 2 OPD memperoleh nilai B dengan simbol warna hijau. Sementara itu 4 OPD lainnya meraih nilai C dengan simbol warna kuning, dan tidak ada OPD yang mendapat nilai D dengan simbol warna merah.

Evaluasi penilaian kinerja yang didasarkan pada Peraturan Walikota Sungai Penuh Nomor 5 tahun 2015 tentang pedoman standar evaluasi kinerja OPD Pemerintah Kota Sungai Penuh  itu dilakukan terhadap seluruh 44 OPD. Terdiri dari Sekretariat Daerah, sekretariat DPRD, Inspektorat, Bappeda, 22 dinas daerah, 4 lembaga teknis daerah, 2 lembaga lain, 8 kecamatan, dan 4 kelurahan.

Adapun komponen yang dinilai antara lain, dokumen kinerja, penyerapan anggaran, realisasi penerimaan pendapatan asli daerah (PAD), realisasi fisik dan disiplin aparatur.

Munasri menyebutkan, berdasarkan hasil evaluasi kinerja triwulan IV, diketahui 38 OPD yang mendapatkan nilai A simbol warna biru kategori OPD berkinerja sangat tinggi, yakni Sekretariat Daerah, Sekretariat DPRD, Inspektorat, Bappeda,Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM), Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Badan Keuagan Daerah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD), serta Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan.

Kemudian Badan Penelitian dan Pengembangan, Dinas Sosial, Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan, Dinas Tanaman Pangan, Dinas Penanaman Modal, PTSP dan Tenaga Kerja, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik, Dinas Kepemudaan dan Olahraga, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Pengendalian Penduduk dan KB, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik, Satuan Polisi Pamon Praja, Kecamatan Sungai Penuh,  Kecamatan Hamparan Rawang, Kecamatan Tanah Kampung, , Kecamatan Kumun Debai, Kecamatan Pondok Tinggi, Kecamatan Koto Baru, , Kecamatan Sungai Bungkal, Kelurahan Dusun Baru, Kelurahan Sungai Penuh, Kelurahan Pondok Tinggi, dan Kelurahan Pasar Sungai Penuh.

Sementara itu, 2 OPD yang mendapat nilai B atau kategori berkinerja tinggi, yakni Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, serta Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Sedangkan 4 OPD yang mendapat nilai C atau kategori berkinerja rendah, yakni Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Dinas Perhubungan, Dinas Peternakan dan Perikanan, serta Dinas Lingkungan Hidup.

“Saya berharap hasil evaluasi ini dapat menjadi masukan dan acuan untuk perubahan dan perbaikan kinerja,” ujar Munasri.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments