Senin, 20 Mei 2019

Walikota Minta Pencetakan KIA Dipercepat


Rabu, 20 Februari 2019 | 11:48:38 WIB


Wali Kota Jambi Dr. H. Syarif Fasha, ME, secara simbolis menyerahkan Kartu Identitas Anak (KIA) kepada pelajar SD Xaverius, pada acara Launching Kartu Identitas Anak (KIA)
Wali Kota Jambi Dr. H. Syarif Fasha, ME, secara simbolis menyerahkan Kartu Identitas Anak (KIA) kepada pelajar SD Xaverius, pada acara Launching Kartu Identitas Anak (KIA) / istimewa

JAMBI- Pemerintah Kota Jambi melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil akan mencetak 85 ribu Kartu Identitas Anak.

Untuk itu Walikota Jambi Sy Fasha meminta Dinas Dukcapil agar mempercepat pencetakan KIA dari target yang ditetapkan  sehingga bisa langsung didistribusikan.

"Ada 85.000 blanko yang siap dicetak. Saya minta ini agar diselesaikan dan dipercepat, dan buat KIA ini gratis tidak ada pungutan," kata Fasha saat peluncuran KIA.

Kartu identitas anak itu menurut Fasha, memiliki berbagai fungsi yang salah satunya untuk persyaratan dalam membuat buku tabungan diperbankan, meskipun belum  memiliki KTP.

"Contohnya mau buka tabungan, daftar sekolah dari SD ke SMP bisa menggunakan KIA. Ini sudah terintegrasi sistem dan bisa digunakan untuk berbagai pengurusan," katanya menjelaskan.

Bagi orang tua yang ingin anaknya memiliki kartu identitas tersebut harus melampirkan berbagai persyaratan, diantaranya akta kelahiran dari anak tersebut, kedua adalah fotocopy KTP orang tua dan yang ketiga adalah foto anak.

Pihaknya mengingatkan Dinas Dukcapil, jika pemegang kartu tersebut telah memasuki usia 17 tidak perlu menambah syarat lain dalam pengurusan kartu tanda penduduk.

"KIA ini sudah cukup rekamannya sudah ada datanya. Mungkin nanti saat mau buat KTP bisa langsung ditambahkan cap jempol, foto sesuai dengan saat dewasa," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jambi, Mulyadi Yatub mengatakan, dalam tahap pertama itu telah dicetak 3.300 keping kartu identitas anak.

"Stok blanko yang tersedia saat  85.ini ada sebanyak 85.000 keping. Sementara jumlah anak di Kota Jambi dengan usia 17 tahun kebawah sebanyak 168 ribu jiwa," kata Mulyadi menambahkan.


Penulis: Amril Hidayat
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments