Senin, 24 Juni 2019

Pimpin Apel Peningkatan Disiplin, Fasha Minta ASN Teken Perjanjian Kinerja

Tradisi Bangun Komitmen dan Integritas Jajaran Pemkot Jambi

Senin, 11 Februari 2019 | 19:24:42 WIB


Perwakilan kepala OPD,secara simbolis menandatangani Perjanjian Kinerja OPD, disaksikan langsung oleh Wali Kota Jambi yang didampingi Wawako Maulana
Perwakilan kepala OPD,secara simbolis menandatangani Perjanjian Kinerja OPD, disaksikan langsung oleh Wali Kota Jambi yang didampingi Wawako Maulana / Amril Hidayat

JAMBI – Wali Kota Jambi Dr. H. Syarif Fasha, ME kembali memimpin Apel Peningkatan Disiplin Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Jambi, pada Senin pagi (11/2).

Apel yang dilaksanakan bertempat di Lapangan Utama Balaikota Jambi itu, juga dihadiri oleh Wakil Wali Kota Jambi Dr. dr. H. Maulana, MKM, Sekretaris Daerah Kota Jambi Ir. H. Budidaya, M.For. Sc. , Asisten Sekda, jajaran Kepala OPD Pemkot Jambi, Kabag, Camat, Lurah dan seluruh ASN dilingkup Pemkot Jambi.

Apel yang langsung dikomandoi oleh Wali Kota Jambi disetiap awal bulan itu, memang rutin dilaksanakan oleh dirinya sebagai wadah untuk menyampaikan berbagai arahan, instruksi, dan kebijakan strategis dirinya dalam memimpin Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi.

Terlebih diawal tahun, apel pagi ini sekaligus sebagai momentum bagi Pemkot Jambi untuk melaksanakan rutinitas tahunan, penandatangan Perjanjian Kinerja antara Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Jambi langsung dengan Wali Kota Jambi.

Tampak perwakilan kepala OPD, seperti Sekda Kota Jambi, Kepala BPPRD Kota Jambi, Kasatpol PP Kota Jambi, Kadishub Kota Jambi, Kepala Bappeda Kota Jambi, Inspektur Kota Jambi, Kepala PuPR Kota Jambi dan Camat Kotabaru, secara simbolis menandatangani Perjanjian Kinerja OPD, disaksikan langsung oleh Wali Kota Jambi yang didampingi Wawako Maulana.

Dalam sambutannya pada apel tersebut, Wali Kota Fasha mengungkapkan bahwa, kegiatan yang telah diinisiasi oleh dirinya sejak tahun 2015 lalu itu, dilaksanakan sebagai wujud integritas dan tanggung jawab seluruh ASN terhadap Kota Jambi.

“Sejak tahun 2015, Perjanjian Kinerja telah kita laksanakan, mulai dari level atas hingga berjenjang kebawah, sebagai bentuk tanggung jawab dan kewajiban kota sebagai ASN abdi negara dan abdi masyarakat. Kita jangan hanya menuntut hak, namun harus selalu sadar akan tanggung jawab dan kewajiban,” tegas Fasha.

Fasha juga menyampaikan bahwa dokumen penganggaran yang dibuat setiap tahun, harus dipertangungjawabkan akuntabilitasnya.

“Untuk monev harus dipaksanakan secara maksimal dan berjenjang. Saya telah membentuk Tim Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) yang langsung dikomandoi oleh Wawako. Kita tidak ingin SKP kontradiksi dengan kinerja. Saya harap pelaksanaan penilaian harus jujur, jangan ada subjektivitas, karena ini penting untuk perbaikan dimasa yang akan datang,” jelas Wali Kota Fasha.

Wali Kota Fasha juga berharap, prestasi yang setiap tahunnya diraih oleh Pemkot Jambi, terus dijaga dan ditingkatkan, karena akan berbanding lurus dengan kesejahteraan yang akan diraih oleh ASN Pemkot Jambi.

“Setiap apa yang kita kerjakan, selalu ada tanggung jawab yang melekat. Laksanakan dengan baik, karena sistem sudah berjalan. Terlebih tahun ini sudah ada kenaikan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) yang signifikan, dihitung berdasarkan analisa beban kerja, analisa risiko jabatan, dan analisa evaluasi jabatan. Diperiode kedua, kita sudah masuk fase pelayanan prima, dimana pelayanan dikemas dengan teknologi dan inovasi. Tekonologi mendukung inovasi, oleh karenanya kami butuh profesionalisme anda semua,” pungkas Wali Kota Fasha.

Komitmen jajaran Pemkot Jambi dibawah duet kepemimpinan Fasha-Maulana dalam meningkatkan kinerja dan akuntabilitas pemerintahan Kota Jambi, sudah menunjukkan hasil yang membanggakan. Baru saja Pemkot Jambi meraih apresiasi dan penghargaan dari Pemerintah Pusat melalui Kemenpan-RB, yaitu nilai SAKIP B.

SAKIP yang merupakan hasil akhir dari LAKIP (Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan) Kota Jambi, selama ini dinilai cukup baik oleh pemerintah pusat terkait komitmen dalam penguatan tata kelola dan akuntabilitas pemerintahan. Hal tersebut merupakan buah hasil dari sistem akuntabilitas kinerja yang telah terintegrasi. Dimulai dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja, yang telah memanfaatkan sistem berbasis sistem informasi.


Penulis: Amril Hidayat
Editor: Herri Novealdi
Sumber: SUMBER: BAG. HUMAS SETDA KOTA JAMBI.


comments