Jumat, 18 Oktober 2019

Pemkot Jambi Kembali Kirim ASN Belajar ke Singapura

25 ASN Ikuti Pelatihan Singapore Cooperation Programme (SCP) Smart City dan Cyber Security

Sabtu, 16 Februari 2019 | 14:00:27 WIB


/ istimewa

JAMBI – Komitmen pemerintahan Kota Jambi dibawah duet kepemimpinan Wali Kota Jambi Dr. H. Syarif Fasha, M.E., bersama Wakilnya Dr. dr. H. Maulana, MKM, dalam membangun kapasitas dan profesionalitas ASN-nya tidak perlu diragukan lagi.

Sebagai kepala daerah yang populer dengan kebijakan “Outward looking policy” dalam menjalankan tata kelola pemerintahan, Wali Kota Fasha dikenal memiliki jejaring luas ditataran internasional. Hal tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh Wali Kota Fasha dalam membangun kemitraan dalam meningkatkan profesionalitas ASN Kota Jambi.

Bertempat di Griya Mayang Kediaman Dinas Wali Kota Jambi, H. Syarif Fasha, melepas secara resmi 23 orang peserta pelatihan Singapore Cooperation Programme (SCP) Smart City dan Cyber Security yang berasal dari ASN Pemkot Jambi dan mengikutsertakan 2 orang dari Satuan Lalu Lintas Polresta Jambi.

Turut hadir pula pada acara pelepasan tersebut, Sekretaris Daerah Kota Jambi Ir. H. Budidaya, M.For. Sc., Kasatpol PP Kota Jambi Drs. H. Yan Ismar, M.H., Kadiskomimfo Drs. Nirwan, M.E., Kabag Kerjasama Setda Kota Jambi, Mariyani Yanti, P.Hd., dan Kabag Humas Setda Kota Jambi abu Bakar, S.H.

Singapore Cooperation Programme (SCP) adalah kegiatan pelatihan bagi ASN Kota Jambi yang diselenggarakan oleh Pemerintah Republik Singapura. Kegiatan tersebut terselenggara berkat kerjasama yang baik dan kemitraan strategis yang telah terjalin dalam kurun waktu 5 tahun terakhir antara Pemerintah Kota Jambi dan Pemerintah Singapura.

Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa banyak daerah yang ingin mengikuti langkah Kota Jambi dalam kegiatan ini, namun tidak semua daerah di Indonesia mendapatkan kesempatan yang sama seperti Kota Jambi.

“Selamat kepada yang terpilih mewakili Kota Jambi. Banyak pemerintah daerah yang ingin, namun tidak semua punya kesempatan. Kota Jambi setiap tahunnya mengirimkan minimal 2 angkatan untuk SCP ini. Ini adalah berkat kesungguhan dan komitmen kita dalam membangun kapasitas dan kapabilitas SDM ASN Pemkot Jambi, yang disambut baik oleh Pemerintah Singapura,” urai Fasha.

Selanjutnya menurut Fasha, dalam 3 tahun terakhir, Kota Jambi telah mengirimkan 150 orang ASN yang terbagi dalam 6 angkatan SCP yang dilaksanakan di Singapura. Itu belum termasuk kegiatan SCP yang dilaksanakan di Kota Jambi.

“Dalam 3 tahun terakhir, kami telah mengirim ratusan ASN belajar ke Singapura untuk mengikuti SCP secara gratis dan dibiayai sepenuhya oleh Pemerintah Singapura. Mereka akan mengikuti pendidikan ala Singapura, melihat kondisi kinerja Singpura yang mengutamakan pelayanan. Saya berharap saat mereka pulang ke Jambi bisa membawa virus positif perubahan dan inovasi sesuai bidang masing-masing,” jelas Fasha.

Menurut Fasha, program SCP selama ini telah sukses membawa efek signifikan dalam meningkatkan kompetensi serta merubah mindset ASN Pemkot Jambi yang terus menjadi makin baik.

“Kami telah merasakan manfaatnya setelah ASN kami mengikuti program ini di Singapura. Kini kinerja ASN kami sudah jauh lebih baik dari sebelumnya, hal itu setidaknya dapat kami lihat setelah melakukan evaluasi terhadap alumni SCP ini, terlihat jauh meningkat, baik etos kerja maupun paradigma. Terlebih diperiode kedua ini kami lebih mengutamakan pelayanan prima. Selamat mengikuti pendidikan ini, semoga membawa kebaikan pada diri sendiri dan orang lain. Berbanggalah dan jaga kehormatan kita, jaga nama baik Kota Jambi dan Indonesia, karena anda adalah tamu negara,” terang Fasha.

Sebagaimana diketahui, Singapura yang memiliki beberapa persamaan karakteristik dengan Kota Jambi, seperti keterbatasan sumber daya alam, dan hampir seluruh kebutuhannya diimpor dari negara lain, namun Singapura memiliki kekuatan sumber daya manusia yang menjadi modal utama pembangunan di negaranya. Hal tersebut lah yang ingin diduplikasi Wali Kota Fasha dalam visinya membangun Kota Jambi.

Dalam kurun 5 tahun terakhir, dalam memimpin Kota Jambi, Wali Kota Fasha memang dikenal tidak hanya membangun rupa, infrastruktur fisik dan rona wajah Kota Jambi, namun dirinya juga telah membuktikan sukses membangun fondasi manajemen sumber daya manusia aparatur pemerintahan Kota Jambi yang mumpuni.

Kota Jambi tercatat sebagai salah satu daerah di Indonesia yang aktif dan memiliki hubungan kemitraan strategis dengan beberapa negara di dunia. Sebut saja seperti negara Singapura, China, Korsel, Denmark, dan Jerman. Kota Jambi juga tercatat aktif dalam beberapa organisasi internasional, seperti UCLG ASPAC dan ICLEI.


Penulis: Amril Hidayat
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: SUMBER: BAG. HUMAS SETDA KOTA JAMBI

TAGS:


comments