Jumat, 30 Oktober 2020

Efek Kenaikan Harga Tiket Pesawat, Penumpang Transportasi Darat Meningkat


Selasa, 26 Februari 2019 | 10:38:58 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa


"Peningkatannya biasanya satu armada berangkat kini jadi dua hingga tiga satu hari yang berangkat," ujarnya, Senin (25/2).

Disampaikan Desfredo, ini terlihat pada jumlah keberangkatan AKAP yang mencapai 767 kendaraan atau berjumlah 9.583 penumpang. Jauh meninggalkan angka kedatangan AKAP 792 kendaraan, dengan penumpang 6.104.

"Artinya AKAP ini bertambah satu hingga dua armada setiap hari dari sebelumnya," jelasnya.

Di Jambi sendiri, Desfredo menyebut adanya peningkatan namun tidak signifikan. Peningkatan ini pun telah diantisipasi pihaknya. "Karena angkutan darat bersifat standby, yang biasanya satu bus jalan delapan jam sekali sekarang jadi lima jam sekali," ujarnya.

Atas lonjakan itu, kata Desfredo, tidak ada kesiapan khusus yang dilakukan. Namun pihaknya tetap melakukan standar ramp check terhadap kendaraan. Sementara untuk dalam pulau Sumatera peningkatan yang banyak terjadi ke Provinsi Padang.

Sementara untuk jumlah data pada Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP), dia mengatakan, juga didominasi keberangkatan, yang terbanyak yakni Kerinci, Sarolangun dan Merangin. "Untuk keberangkatan ada 304 kendaraan dengan penumpang 2.409. Sementara kedatangan lebih sedikit ada 124 kendaraan dan penumpang 651," terangnya.

Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments